Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Gabung Pot 3 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Pembagian pot untuk drawing Kualifikasi 2024 sudah diumumkan. U-23 masuk pot 3 bersama Timnas Timor Leste, Singapura, Laos, dan beberapa tim lainnya.

Sebagaimana diketahui, Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar. Dalam turnamen ini, tim yang akan ikut berpartisipasi berjumlah 16 kontestan. Akan tetapi, sebelum pelaksanaan even tersebut, bakal digelar babak kualifikasi yang diikuti oleh 47 tim.

47 tim tersebut terbagi menjadi lima pot. Setiap pot diisi oleh 10 tim – kecuali pot 4 yang hanya diisi oleh 7 tim saja. Adapun skuad Garuda pimpinan Shin Tae-yong, mereka tergabung di pot 3 bersama 9 kontestan lainnya.

Sembilan tim tersebut adalah Timnas Singapura, Kirgistan, Yaman, Timor Leste, Lebanon, Oman, Laos, Palestina, dan Mongolia. Dengan demikian, di fase grup Kualifikasi Piala Asia U-23 nanti, Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan berada di grup yang sama dengan 9 nama tim tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Justru, Timnas Indonesia berpeluang untuk tergabung dalam grup neraka – karena di pembagian grup nanti, skuad Garuda memiliki peluang berada satu grup dengan salah satu kontestan dari pot 1, 2, 4, atau 5.

Di pot 1, tergabung dua tim asal Asia Tenggara yaitu Timnas Thailand dan Vietnam. Selain keduanya, ada Timnas Arab Saudi, Uzbekistan, Jepang, Australia, Korea Selatan, Irak, Turkmenistan, dan terakhir Yordania.

Adapun di pot 2, bakal diisi oleh Timnas Uni Emirat Arab, Iran, Kuwait, Malaysia, Tajikistan, Bahrain, Myanmar, Suriah, Kamboja, serta India. Di pot 2 tersebut, ada tiga tim asal ASEAN yaitu Malaysia, Kamboja, dan Myanmar.

Pot 4 hanya diisi oleh 7 tim saja. Mereka adalah Timnas China Taipei, Bangladesh, Filipina, Hongkong, Maladewa, Sri Lanka, dan Nepal. Di pot ini, hanya Filipina yang berstatus sebagai tim asal Asia Tenggara.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Serta di pot 5 atau pot terakhir ada Timnas Afghanistan, Bhutan, Brunei Darussalam, China, Guam, Macau, Korea Utara, Pakistan, Qatar, serta Mariana Utara. Sama seperti pot 4, di pot 5 juga hanya diisi oleh satu tim asal Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam.

Untuk diketahui, Piala Asia U-23 2024 merupakan edisi ke-6 sepanjang sejarah pelaksanaannya. Tiga tim terbaik di Piala Asia U-23 tersebut akan mewakili AFC di Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris, Prancis. Adapun satu tiket lainnya akan diperebutkan lewat babak play off melawan tim asal Afrika (CAF).

Untuk pelaksanaan Piala Asia U-23 tersebut, akan digelar pada 15 April 2024 sampai 3 Mei 2024. Jadwal tersebut terpaksa diundur karena berbarengan dengan pelaksanaan Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari 2024 di Qatar.

Namun untuk mengikuti Piala Asia U-23 tersebut, skuad Garuda harus memainkan babak kualifikasi yang akan dihelat pada 4-12 September 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment