Timnas Indonesia

Nova Arianto Padukan Teknik Melatih Indra Sjafri dan STY di Timnas Indonesia U-16



NOBARTV NEWS – Nova Arianto resmi menjadi pelatih U-16. Nova mengaku akan memadukan teknik melatih Shin Tae-yong dan Indra Sjafri ketika memimpin skuad Garuda Asia.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, PSSI resmi menunjuk Nova Arianto sebagai pelatih baru Timnas Indonesia U-16/U-17. Sebelumnya, Bima Sakti merupakan arsitek untuk kelompok umur tersebut.

Bima sendiri terakhir kali menukangi skuad Garuda Asia di 2023 kemarin. Saat itu, Timnas Indonesia U-17 yang dimotori oleh Arkhan Kaka bertindak sebagai tuan rumah. Sayangnya, dalam even ini, Timnas Indonesia U-17 tersingkir di fase grup. Mereka gagal memetik satu kemenangan pun dalam tiga laga di grup A.

Kini, setelah beberapa bulan lamanya, PSSI melakukan perombakan dengan melakukan pergantian pelatih. Nova yang sebelumnya menjabat sebagai asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior dan U-23 ditarik menjadi suksesor Bima. Belum diketahui apa alasan di balik penunjukan Nova. Namun yang jelas, Nova memiliki sederet agenda penting bersama Timnas Indonesia U-17.

Dua agenda penting yang akan dilakoni Timnas Indonesia U-16/U-17 di bawah kendali Nova adalah U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Piala AFF U-16 2024 akan digelar di Indonesia sementara Kualifikasi Piala Asia U-17 di Bahrain.

Kemarin, dalam pemusatan latihan pertama Timnas Indonesia U-17, Nova telah memanggil 32 pemain. Mayoritas 32 pemain yang mendapat panggilan merupakan anak-anak SSB alias sekolah sepak bola. Dan rencananya, dalam melatih nanti, Nova akan memadukan teknik dari dua seniornya yakni Shin Tae-yong dan Indra Sjafri.

“Pastinya ada beberapa filosofi yang saya bawa juga, termasuk dari pelatih Indra, karena saya sudah ikut pelatih Indra dari 2019, dan akhirnya bersama pelatih Shin. Jadi dua progress itu yang saya masukkan di tim ini. Semoga apa yang diberikan pelatih Shin dan pelatih Indra bisa saya terapkan di sini,” kata Nova Arianto di tengah-tengah pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 kemarin.

Nova Arianto Padukan Teknik Melatih Indra Sjafri dan STY di Timnas Indonesia U-16
Nova Arianto ketika mendampingi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (sumber: IG @novaarianto30)

“Karena saya cukup lama dengan coach Shin, jadi memang benar sekali dibedakan kaus kakinya. jadi saya bisa tahu kaki dominan mereka apa kaki kanan atau kaki kiri,” ujarnya menambahkan.

Terkait targetnya bersama skuad Garuda Asia, Nova mengaku belum diberikan instruksi apapun dari PSSI. Namun secara pribadi, ia ingin meloloskan Timnas Indonesia U-17 ke putaran final Pada Asia U-17.

“Jujur,, masalah target saya belum diberikan apa-apa oleh PSSI, tapi secara pribadi saya punya target lolos di kualifikasi Piala Asia. [Piala] AFF sebenarnya menjadi persiapan umum saya menuju kualifikasi Piala Asia. Jadi fokus saya adalah di kualifikasi Piala Asia,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *