Timnas Indonesia

Seperti Guus Hiddink di Korea, STY Juga Sangat Bahagia di Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong rupanya cukup terkesan selama menjadi pelatih . Ia mengaku bahagia selama berada di negara – yang jauh dari tempat tinggalnya tersebut. Kebahagiaan sang pelatih ia samakan dengan pelatih asal Belanda Guus Hiddink ketika melatih Timnas Korea Selatan.

Seperti yang diketahui, sudah lebih dari tiga tahun lamanya Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia. Ia datang di awal-awal kepemimpinan Mochamad Iriawan – hingga kini masih bertahan di awal-awal kehadiran Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Bersama skuad Garuda, Shin memang belum bisa mempersembahkan gelar apapun. Ia selalu gagal dan (prestasi) terbaik – adalah mencapai partai final di beberapa even yang diikutinya. Seperti untuk Timnas senior (2020 dan 2022), Piala AFF U-19 2022, SEA Games 2021, Piala Asia U-20 2023, dan terakhir adalah Piala AFF U-23 2023.

Prestasi terbaik yang bisa ia persembahkan untuk Timnas Indonesia dari beberapa even tersebut adalah mencapai babak final di Piala AFF 2020 (tim senior) dan Piala AFF U-23 2023. Sayangnya, dalam dua partai final yang diikutinya itu, skuad Garuda selalu mendapatkan kekalahan. Alhasil, ia selalu mendapat sorotan dan dianggap gagal sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Namun di balik itu semua, Shin juga mendapat dukungan karena sukses mengubah permainan skuad Garuda. Tidak sekadar dari sisi permainan, fisik para pemain juga berubah drastis di tangan mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Oleh karena itu, tak heran jika ia juga mendapat dukungan penuh dari suporter Timnas Indonesia yang lain. Dirinya disanjung, di-support, bahkan diharapkan untuk mendapat peluang lagi untuk diperpanjang kontraknya.

Dukungan demi dukungan tersebut, kata Shin Tae-yong menjadikan dirinya betah berada di Indonesia. Bahkan, ia mengaku senang dengan kesempatan untuk melatih skuad Garuda.

Seperti Guus Hiddink di Korea, STY Juga Sangat Bahagia di Indonesia
Potret keakraban Shin Tae-yong dengan anak asuhnya di Timnas Indonesia

“Saat saya pertama kali ke sana, sepakbola Indonesia berada di pinggiran. Tim ini turun ke peringkat 175 dalam peringkat FIFA. Ketika saya mengajari mereka satu per satu, saya bisa melihat para pemain mengikuti dengan baik,” kata Shin Tae-yong.

“Belum lama ini, kami naik ke peringkat 145, dan saya merasakan pencapaian. Kini saya punya kepercayaan diri untuk membidik Olimpiade Paris 2024, dan Piala Dunia 2026. Bagi saya, ini adalah rangsangan dan penggerak yang menciptakan energi. Saya sangat senang,” ucapnya menambahkan.

“Saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat melihat masyarakat Indonesia mempercayai, dan mengikuti Shin Tae-yong saat kami berlatih bersama di satu tempat.”

Shin lantas menyamakan kebahagiaan yang ia dapatkan seperti Guus Hiddink di masa lalu. Diketahui, puluhan tahun silam, pelatih asal Belanda itu sempat melatih Timnas Korea Selatan. Di Korea, Hiddink mendapatkan kebahagiaan seperti Shin mendapatkannya bersama Timnas Indonesia.

“Saya sangat bahagia di Indonesia. Sama seperti dulu pelatih Guus Hiddink bahagia di Korea, Shin Tae-yong juga berbahagia di Indonesia, meski mungkin tidak sebatas itu,” katanya lagi.

“Saat saya bekerja keras untuk meningkatkan sepakbola Indonesia selangkah demi selangkah, saya merasa fans Indonesia menyukai dan mencintai saya. Jadi terima kasih banyak,” pungkas sang pelatih.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid