Timnas Indonesia

Stefano Lilipaly Tak Dipanggil Timnas Indonesia, Bos Borneo Sindir STY: Pelatih Itu Memang Unik



NOBARTV NEWS – Presiden Borneo FC Nabil Husein tak bisa menyembunyikan rasa kecewanya usai Stefano Lilipaly tak dipanggil Shin Tae-yong ke . Bos Borneo FC itu pun menyebut Shin sebagai pelatih unik.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan tampil dalam ajang 2026 zona Asia kontra Brunei Darussalam. Laga melawan tim sesama Asia Tenggara itu akan digelar di dua tempat alias dua leg. Leg pertama akan berlangsung di Indonesia pada Kamis 12 Oktober mendatang. Adapun leg kedua digelar pada Selasa 17 Oktober di kandang Brunei Darussalam. Untuk diketahui, laga melawan Brunei merupakan Ronde 1. Berarti, masih ada ronde berikutnya yang harus diikuti oleh siapapun pemenang di laga itu.

Adapun kemarin, Shin Tae-yong melalui PSSI telah memanggil 25 pemain untuk dua laga tersebut. Mayoritas pemain yang dipanggil merupakan wajah lama. Dari 10 pemain abroad yang tersebar di luar negri, hanya satu punggawa yang tak dipanggil. Adalah Ivar Jenner, gelandang bertahan milik Jong FC Utrecht itu terpaksa dicoret dari daftar pilihan karena saat ini ia tengah dilanda cedera.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Sementara itu, sembilan pemain abroad lainnya seperti Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Ipswich Town), Rafael Struick (ADO Den Haag), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), hingga Shayne Pattynama (Viking FK) masuk dalam 25 pemain yang dipersiapkan.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah Shin tidak mengikutsertakan pemain naturalisasi yang kini bermain di Liga 1 yakni Stefano Lilipaly. Lilipaly sejak beberapa pertandingan terakhir Timnas Indonesia memang selalu mendapat panggilan. Akan tetapi, pemain Borneo FC itu sangat jarang untuk dimainkan. Di laga kontra Palestina dan Argentina (FIFA Matchday Juni 2023), eks pemain FC Utrecht itu selalu berada di bangku cadangan.

Sementara di laga kontra Turkmenistan September lalu, Lilipaly masuk sebagai pemain pengganti. Namun untuk laga sepenting Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, pemain dengan posisi gelandang serang atau sayap ini justru tak diikutsertakan. Padahal, di kompetisi domestik (Liga 1), Lilipaly menjadi salah satu pemain yang sangat berkembang. Tak hanya rutin mencetak gol, namun mantan pemain Bali United ini juga beberapa kali terlibat dalam gol yang dibuat rekannya (assist).

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Oleh karenanya, ketika pengumuman nama-nama pemain yang dipanggil itu keluar, Nabil Husein selaku Bos Borneo FC angkat suara. Ia menyoroti absennya nama Lilipaly dalam daftar pemain itu. Bahkan, Nabil menyebut Shin Tae-yong sebagai pelatih unik karena tidak mengikutsertakan pemain andalannya tersebut.

“Gimana ya mau bicara, tetapi pelatih itu memang unik. Kurang bisa menilai kontribusi pemain. Kecuali netizen bicara, baru dia agak panik mungkin, canda coach,” cuit Nabil Husein lewat akun twitter-nya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid