Timnas Indonesia

Usai Grounbreaking, Erick Thohir Targetkan Skuad Garuda TC di IKN Maret 2024

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Peletakan batu pertama training center di IKN (Ibukota Nusantara) sudah resmi dilakukan pada Jumat (22/9) lalu. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menargetkan skuad Garuda sudah bisa berlatih di sana pada Maret tahun depan.

Diketahui, Erick Thohir beserta Presiden RI Joko Widodo, Menpora RI Dito Ariotedjo, dan stekholder terkait lainnya pada Jumat kemarin telah melakukan groundbreaking training center Timnas Indonesia.

Nantinya, di pusat ibukota baru itu, akan ada training center Timnas Indonesia seluas 34,5 hektar dengan beberapa lapangan latihan. Training center tersebut akan digunakan untuk seluruh kelompok umur tim nasional. Baik untuk senior bahkan untuk tim junior. Kabarnya, disebutkan bahwa training center ini terdiri dari 9 lapangan, fasilitas pendukung, dan asrama.

Adapun terkait dana pembangunannya, pembuatan training center ini berasal dari dua sumber. Pertama adalah bantuan dari Federasi Sepakbola Dunia alias FIFA dan kedua berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Jika dirincikan, Rp 85,6 miliar dari FIFA dan sisanya yakni Rp 95 miliar dari Pemerintah RI yang bersumber dari APBN seperti yang disebutkan tadi.

Baca Juga:  Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024

Dalam keterangannya, Presiden RI Joko Widodo berharap para atlet merasa betah ketika berlatih di training center yang baru ini.

“Kami berharap para pemain akan merasa betah berlatih di sini, jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tidak seperti di Jakarta. Di sini, pagi mereka berlatih, malam pun masih bisa berlatih,” terang orang nomor satu di Indonesia itu.

Lebih lanjut, kata Jokowi lagi, ia berharap pembangunan training center bisa beriringan dengan prestasi yang akan diraih oleh skuad Garuda Indonesia. Jokowi ingin Timnas Indonesia tak hanya meraih prestasi di tingkat Asia Tenggara saja (SEA Games dan ), namun eks Walikota Surakarta itu juga ingin melihat punggawa skuad Garuda untuk bisa bersaing di level dunia (Piala Asia, Olimpiade, dan Piala Dunia)

“Saya yakin bahwa timnas kita akan mampu membawa Garuda kita tidak hanya meraih juara di Asia Tenggara, tetapi juga akan segera bersaing di tingkat dunia,” ujarnya memungkasi.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Menariknya, dalam keterangan lain yang disampaikan oleh Erick Thohir, training center ini diharapkan sudah bisa dipakai pada Maret tahun depan. Berarti, jika menghitung dari saat ini, maka training center yang di-groundbreaking pada Jumat kemarin ini diharapkan sudah bisa digunakan dalam kurun waktu kurang dari enam bulan.

“Cita-cita masyarakat sepak bola hari ini tercapai,” kata Erick Thohir dalam kanal YouTube Kompas TV.

“Insyaallah Maret tahun depan sudah setengah jadi di sini. Jadi timnas mulai latihan di sini,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid