Timnas Indonesia

Indra Sjafri Minta Marselino Ferdinan segera Pulang: Siapa yang Jamin Dia Benar-benar Main di Sana?



NOBARTV NEWS – Sudah dua minggu sejak pemusatan latihan dilakukan, Marselino Ferdinan belum juga dilepas oleh klubnya KMSK Deinze. Hal itu memantik respon Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Sebagaimana diketahui, 30 pemain Garuda muda diminta untuk mengikuti TC sejak 1 Pebruari 2023. Namun saat itu, ketika PSSI mengumumkan daftar pemain, dua punggawa skuad Garuda muda yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sedang berada di luar negeri.

Hingga dua minggu sejak pemusatan latihan tersebut dilakukan, bahkan sampai skuad Garuda muda melakukan uji coba pertamanya melawan Persija Youth, dua pemain tadi belum juga bergabung. Marselino masih berada di klubnya KMSK Deinze dan kemungkinan besar belum akan dilepas karena berstatus sebagai pemain baru. Sedangkan Ronaldo Kwateh dikabarkan masih bernegosiasi dengan salah satu klub kasta kedua .

Padahal, tidak hanya TC saja, skuad asuhan Shin Tae-yong itu juga bakal mengikuti turnamen mini pada pertengahan bulan ini. Hokky Caraka dkk bakal melawan Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Selandia Baru U-20.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Namun sayangnya, skuad Garuda muda terancam tak diperkuat oleh dua pemain andalannya itu. Sebab sampai saat ini belum ada kabar terbaru terkait kepulangan mereka. Khusus untuk Marselino, PSSI sudah mengirim surat kepada klub yang bersangkutan namun sampai saat ini belum mendapatkan balasan.

“Kami sudah bersurat ke klubnya, tapi mereka belum balas,” kata Indra Sjafri.

“Kalau dulu kan kami mau pemain-pemain kami bermain di Eropa. Sekarang sudah bermain di Eropa dan kami mau dia kembali cepat-cepat ke Tanah Air,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Indra menyebut sangat membutuhkan Marselino. Ia juga khawatir dengan kondisi pemain yang bersangkutan. Ia takut jika Marselino justru tak bermain di sana sehingga menyebabkan performanya jadi menurun.

“Kalau dari sisi kami, timnas U-20 Indonesia butuh mereka untuk bersama-sama. Karena siapa yang bisa jamin Marselino Ferdinan benar-benar bermain di sana. Nanti malah menurun penampilannya.”

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Walau latihan bagus tapi kalau gak bermain di kompetisi kan susah juga buat dia,” pungkas mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Kabar baiknya, meski Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh belum pulang, namun Persija pada hari kemarin telah melepas tiga pemainnya lagi. Sehingga kini hanya Muhammad Ferrari yang masih tersisa di sana. Adapun Persib, tim berjuluk Maung Bandung itu berjanji bakal melepas pemainnya yakni Kakang Rudianto dan Ferdiansyah pada hari ini usai Persib menjamu PSM Makassar di lanjutan Liga 1 musim 2022-2023.

Apapun itu, meski nantinya Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan dinyatakan tak ikut serta di TC hingga hari akhir, semoga keduanya bisa turun di Piala Asia U-20 Maret mendatang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments