Timnas Indonesia

Sudah Berangkat ke Thailand, Erick Thohir Titip Pesan ke Punggawa Timnas U-23

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sebanyak 23 pemain diberangkatkan PSSI ke Thailand untuk mengikuti ajang U-23 2023. Sebelum dilepas langsung oleh Ketua Umum PSSI kemarin, Erick Thohir memberikan pesan kepada para anak asuh Shin Tae-yong itu.

Sebagaimana diketahui, pada Senin (14/8) kemarin, PSSI akhirnya memberangkatkan para punggawa U-23 ke Thailand. Di sana, mereka akan mengikuti ajang Piala AFF U-23 2023. Skuad Garuda sendiri tergabung di grup B bersama Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23. Rencananya, Muhammad Ferrari dkk akan memainkan laga perdananya di ajang tersebut pada Kamis 18 Agustus melawan skuad Harimau Malaya Muda (Timnas Malaysia U-23).

Lucunya, sebelum para pemain tersebut diberangkatkan, terjadi carut marut terkait nama-nama pemain yang akan dibawa oleh Shin Tae-yong. Hal itu tak lepas dari beberapa pemain yang sempat ditahan oleh klubnya masing-masing.

Jadi, pada awalnya – di hari Selasa tanggal 8 Agustus lalu, Shin Tae-yong melalui PSSI telah memanggil 23 pemain untuk mengikuti TC hari pertama pada Kamis 9 Agustus atau 2 hari pasca pengumuman. Tapi sayangnya, tak semua pemain dilepas oleh klubnya masing-masing. Awalnya, ada enam orang yang masih ditahan. Namun lambat laun, satu persatu pemain akhirnya dilepas. Beckham Putra dilepas oleh Persib Bandung, Kadek Arel juga dikirim oleh Bali United. Alfeandra Dewangga yang tengah mengalami cedera tetap diminta hadir oleh PSIS Semarang. Tapi sayangnya, tiga pemain lainnya yakni Adisatryo, Dzaky Asraf, dan Rizky Ridho tak kunjung bergabung.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Untuk Adisatryo, kiper milik PSIS Semarang itu terpaksa ditahan karena harus menjalani opname. Namun untuk Rizky Ridho dan Dzaky Asraf, keduanya dengan sengaja diminta untuk tidak bergabung dengan Timnas Indonesia karena jasa keduanya masih dibutuhkan oleh klubnya masing-masing.

Alhasil, sempat terjadi perdebatan antara Manajer Timnas Indonesia U-23 Sumardji dengan dua pelatih asing tersebut. Thomas Doll (pelatih Persija) terlibat perang urat syaraf dengan Sumardji di media. Begitupula dengan Bernardo Tavares (pelatih PSM Makassar) yang juga tak tinggal diam.

Hingga pada akhirnya, Rizky Ridho, Dzaky Asraf, dan Adisatryo dipastikan batal membela Timnas Indonesia. Shin Tae-yong pun ujungnya mencari pengganti ketiganya. Untungnya, para pemain pengganti telah bergabung meskipun telat – bahkan kemarin, mereka ikut berangkat ke Thailand.

Dalam pemberangkatan ke Thailand itu, mereka dilepas oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick juga memberikan pesan kepada para pemain sebelum mereka meninggalkan tanah air.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Jadi ke Thailand, selamat berlibur? Mau liburan? Masih mau bermain? Tidak capek?” kata Erick Thohir.

“Tidak Pak, kami masih mau bermain,” jawab pemain kompak.

“Kualifikasi 2024 itu September 2023. Akan melawan Turkmenistan U-23 dan Chinese Taipei U-23. Bisa menang atau tidak?” ucap sang Ketua Umum.

“Kalau kita lolos dari kualifikasi, maka Timnas Indonesia U-23 bakal melaju ke Piala Asia U-23 2024 pada April-Mei tahun depan di Qatar. Itu target utama,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment