Timnas Indonesia

Piala AFF U-23 2023: Garuda Digilas Harimau Malaya Muda 1-2



NOBARTV NEWS U-23 digilias sang rival Malaysia U-23 di laga perdananya dalam ajang U-23 2023. Di laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu dikalahkan dengan skor akhir 1-2.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, Ramadhan Sananta dkk berhadapan dengan Timnas Malaysia U-23 di laga perdana SEA Games 2023. Kedua tim tersebut – termasuk dengan Timnas Timor Leste U-23 tergabung dalam grup B Piala AFF U-23. Jadi, setelah duel tadi malam dilangsungkan, masing-masing tim akan bergiliran untuk berjumpa dengan Timnas Timor-Leste U-23.

Sayangnya, di laga tadi malam, skuad Garuda Indonesia tak berkekuatan penuh. Setelah gagal menggaet dua pemain yakni Rizky Ridho (Persija Jakarta) dan Dzaky Asraf (PSM Makassar) karena terkendala izin klub, PSSI dan Timnas Indonesia U-23 mendapati masalah baru setibanya di Thailand (tuan rumah Piala AFF U-23 2023).

Tiba di Thailand pada Senin 14 Agustus kemarin, PSSI mendapatkan surat balasan dari AFC bahwa tiga pemainnya yang disanksi di ajang SEA Games 2023 kemarin juga tak bisa tampil di Piala AFF U-23 ini. Padahal, dua dari tiga pemain yang mendapat sanksi tersebut dibawa Shin Tae-yong ke Thailand. Dua pemain tersebut adalah Komang Teguh dan Titan Agung.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

PSSI sejatinya sudah mengirim surat kepada AFC perihal boleh tidaknya menggunakan dua pemain tersebut karena menurut mereka (PSSI), Piala AFF U-23 bukanlah ajang resmi. Tapi sialnya, surat balasan tersebut baru dikirim AFC ketika skuad Garuda sudah tiba di Thailand.

Oleh karena itu, di laga perdana melawan Timnas Malaysia U-23 tadi malam, Shin Tae-yong hanya bisa membawa 21 pemainnya saja.

Di lini belakang – sebagai penjaga gawang, STY memercayakan sosok Ernando Ari. Adapun untuk posisi center bek, Muhammad Ferrari diduetkan dengan Kadek Arel. Kedua pemain tersebut diapit oleh wing bek kiri – kanan Frengky Missa dan Bagas Kaffa.

Untuk bagian tengah, Arkhan, Kanu, dan Beckham bertugas sebagai penghubung dua lini tersebut (belakang dan depan). Adapun di posisi depan atau striker, tanpa kehadiran Titan Agung, Shin Tae-yong memasang duet Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Setidaknya, di babak pertama dengan komposisi pemain yang dipasang tersebut, skuad Garuda sukses menjalankan misinya. Mereka menguasai jalannya pertandingan. Bahkan, pada menit ke-28, skuad Garuda berhasil membuat gol lewat kaki Ramadhan Sananta. Striker muda milik Persis Solo itu memperdayai bek-bek Malaysia sebelum menyodok bola ke pojok kanan bawah penjaga gawang lawan. Di sisa pertandingan babak pertama, skuad Garuda mampu memberikan rasa frustrasi kepada para pemain lawan.

Sayangnya, di babak kedua, justru giliran lawan yang berkuasa. Dua gol cepat masing-masing pada menit ke-54 dan 62 berhasil dikemas oleh Fergus Tierney. Setelah dua gol tersebut, kedua tim tak mencetak gol tambahan lagi. Dengan hasil itu, skuad Garuda gagal mendapat satu poin pun. Sementara Timnas Malaysia U-23, mereka berhasil memuncaki klasemen sementara grup B berkat kemenangan atas skuad Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment