Timnas Indonesia

Meski Disanksi oleh AFC, Komang Teguh dkk Masih Bisa Bela Timnas Indonesia, Kenapa?



NOBARTV NEWS – Meski baru saja diberikan sanksi oleh AFC, namun Komang Teguh dan beberapa pemain lainnya mendapatkan panggilan dari Timnas U-23 untuk berlaga di U-23 mendatang. Kenapa?

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Komang Teguh beserta dua rekannya di U-22 mendapat sanksi dari AFC atau Asosiasi Sepakbola Asia. Sanksi tersebut diberikan lantaran ketiganya dianggap melakukan tindak kekerasan dalam kerusuhan final SEA Games 2023.

Ya, pada final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia versus Thailand di Kamboja, telah terjadi kerusuhan di tengah-tengah pertandingan. Saat itu, kerusuhan ditimbulkan akibat saling ejek yang dilakukan kedua tim di area bench pemain.

Ketika skuad Thailand U-22 mencetak gol, para pemain melakukan selebrasi di hadapan bench Timnas Indonesia U-22. Hal yang sama juga dilakukan oleh para pemain skuad Garuda ketika timnya membuat gol. Alhasil, kerusuhan tak terhindarkan sehingga membuat banyak sekali kartu kuning dan merah yang dikeluarkan. Walaupun demikian, pertandingan tetap bisa berlanjut dan akhirnya mengeluarkan Timnas Indonesia U-22 sebagai pemenangnya.

Baca Juga:  Legenda Timnas Indonesia Firman Utina Ingin Berguru dari STY cara Latih Timnas Indonesia

Adapun terkait kerusuhan itu, AFC beberapa minggu lalu telah mengeluarkan keputusan untuk memberikan sanksi kepada kedua belah pihak. Tiga pemain Timnas Indonesia U-22 termasuk Komang Teguh mendapat sanksi berupa larangan bermain. Selain itu, beberapa staf Indra Sjafri juga dikenai denda. Begitupula dengan para pemain dan staf Timnas Thailand U-22.

Namun anehnya, nama Komang justru terdaftar dalam 23 pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23. Alhasil, publik pun bertanya-tanya alasan di balik pemanggilan sang pemain. Hingga pada akhirnya, Manajer Timnas Indonesia U-23 Sumardji memberikan penjelasan. Hal itu dijelaskan Sumardji pada CNN Indonesia Rabu (9/8) kemarin.

“Jadi begini, Komang Teguh itu kalau sesuai sanksi dari AFC dilarang bermain pada saat friendly match untuk usia 23 tahun. Jadi turnamen seperti ini tidak termasuk ke dalam sanksinya,” terang sang manajer.

Baca Juga:  STY Panggil 22 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia Juni Mendatang

Oleh sebabnya, kata purnawirawan Polri dengan pangkat Komisaris Besar itu, Komang tetap bisa dimainkan ketika Piala AFF U-23 nanti. Bahkan, katanya lagi, bek tengah Borneo FC itu juga masih bisa dimainkan dalam ajang Kualifikasi 2024 mendatang.

“Bisa, bisa [bermain di Piala AFF U-23 dan Kualifikasi Piala Asia U-23],” ucapnya memungkasi.

Piala AFF U-23 sendiri akan dimainkan pada 18-26 Agustus mendatang. Sedangkan untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, ajang tersebut bakal digelar pada 4-12 September 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment