Timnas Indonesia

Nasib Zainudin Amali sebagai Menpora Akan Ditentukan Jokowi Besok Pagi



NOBARTV NEWS – Nasib Zainudin Amali sebagai Menpora RI akan ditentukan besok lagi. Sebab diketahui, ia kini resmi menjabat sebagai Waketum PSSI periode 2023-2027. Demi menghindari konflik kepentingan, Amali disebut-sebut akan diberhentikan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Sebagaimana diketahui, pada Kongres Luar Biasa PSSI Kamis kemarin, Amali resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Sebetulnya, di pemungutan suara ulang, nama Amali terlempar ke posisi ke-tiga. Dengan demikian, seharusnya ia gugur alias tidak berhak untuk maju sebagai Wakil Ketua Umum.

Namun secara tiba-tiba, Yunus Nusi yang mendapatkan suara terbanyak kedua memilih untuk mundur. Hal tersebut membuat Amali otomatis naik untuk menggantikannya.

Dengan demikian, dalam kepengurusan PSSI periode 2023-2027 ini, terdapat dua menteri aktif yang akan menjabat. Pertama adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan kedua Menpora RI Zainudin Amali.

Besok, Senin 20 Pebruari 2023, kedua orang tersebut bakal menghadap ke Presiden RI Joko Widodo. Keduanya akan ditanyai perihal visi, misi, serta program PSSI di masa kepemimpinan keduanya. Namun desas-desus lain menyebut bahwa di sana, nasib Amali sebagai Menpora akan ditentukan.

Baca Juga:  Rapor Striker Indonesia yang Dibawa ke Laga kontra Irak dan Filipina, Siapa yang Terbaik?

Sebagaimana yang jamak kita ketahui, Menpora adalah lembaga pemerintah yang menjadi induk untuk seluruh cabang olahraga di Indonesia. Sepak bola, tenis, bola voli, bulu tangkis, dan olahraga lainnya berada di bawahnya. Jika Amali menjabat sebagai Menpora dan juga bekerja di PSSI, maka dikhawatirkan akan menimbulkan konflik kepentingan. Oleh sebab itu, diperkirakan Amali akan meninggalkan jabatannya tersebut setelah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo besok pagi.

“Hari senin saya diterima Pak Presiden. Pak Presiden akan terima saya dan Pak Erick. Saya akan lapor Presiden, saya sudah terpilih,” kata Zainudin Amali.

“Apapun keputusan Presiden itu yang akan saya jalankan,” tambah pria asli Gorontalo itu.

Lebih lanjut, Amali menyebut dirinya siap untuk menerima konsekuensi itu. Kemungkinan besar yang dimaksud dari kata ‘konsekuensi’ itu adalah pemberhentian sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Baca Juga:  Raport Pemain Abroad: Sandy – Justin Absen, Thom Haye dan Asnawi Bikin Assist

“Saya bilang konsekuensi dari pilihan itu pun saya siap. Konsekuensi dari pilihan itu pasti ada, saya sudah bilang. Saya ini pembantu Presiden sehingga keputusan bukan ada di tangan saya.”

“Tapi ada di tangan Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo,” ujarnya memungkasi.

Meski beberapa menteri lainnya juga rangkap jabatan, namun tak ada yang sekrusial jabatan yang diemban Amali saat ini. Sebab dua jabatan tersebut sangat berkaitan sekali. Sementara itu, jabatan menteri lainnya sangat berbeda dengan pekerjaan yang ia emban sebagai seorang menteri. Seperti Menteri PUPR Basuki Hadi yang juga menjabat sebagai Ketua PB Dayung Indonesia atau seperti Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Ketua Pencak Silat Indonesia di sela kegiatan utamanya sebagai seorang Menteri Pertahanan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments