Timnas Indonesia

Liga 1 Berhenti Selama Piala Asia U-23 2024 Digelar



NOBARTV NEWS – Kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia musim 2023-2024 dipastikan akan berhenti sejenak ketika even 2024 digelar pada tahun depan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, U-23 telah memastikan dirinya lolos ke even Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapatkan skuad Garuda muda pasca mengalahkan dua lawan-lawannya selama fase grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Tergabung dalam grup K bersama Timnas Turkmenistan U-23 dan Timnas Taiwan U-23, anak asuh Shin Tae-yong itu berhasil menumbangkan para lawan-lawannya. Di laga perdananya, Rafael Struick dkk berhasil membantai Taiwan U-23 dengan skor telak 9-0. Sembilan gol di laga tersebut dikemas oleh Rio Fahmi, Pratama Arhan, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Hokky Caraka, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan sepasang gol dari kaki Marselino Ferdinan.

Sementara di laga keduanya, skuad Timnas Indonesia lagi-lagi meraih kemenangan. Kali ini, mereka membungkam Turkmenistan U-23 berkat dua gol tanpa balas yang berhasil diciptakan oleh Ivar Jenner dan Pratama Arhan.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Dua kemenangan itu membuat mereka memastikan diri lolos ke turnamen tersebut (Piala Asia U-23) untuk pertama kalinya. Sebelumnya, skuad Garuda belum pernah sekalipun mentas di ajang ini. Namun berkat penampilan maksimal kemarin, sejarah untuk tampil pertama kali akhirnya tercipta.

Tapi sayangnya, even Piala Asia U-23 yang akan digelar pada tahun depan – tepatnya pada tanggal 15 April hingga 3 Mei 2024 itu akan berbenturan dengan jadwal Liga 1 musim 2023-2024. Bukan hanya itu saja, even Piala Asia U-23 ini juga tak masuk dalam kalender resmi FIFA. Akibatnya, beberapa pemain abroad yang membela Timnas Indonesia U-23 dikhawatirkan tak mendapat izin untuk memperkuat skuad Garuda.

Namun kabar baiknya, untuk pemain lokal yang tergabung dalam skuad Garuda muda, mereka kini sudah mendapatkan kepastian untuk tetap bisa turun di ajang Piala Asia U-23 tersebut. Pasalnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut PT LIB (Liga Indonesia Bersatu) beserta para klub sepakat untuk menghentikan sementara kompetisi tersebut di tengah-tengah pelaksanaan Piala Asia U-23 nanti.

Baca Juga:  Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024

“Saya memohon kepada liga [ PT Liga Indonesia Baru] berhenti sebentar. Liga sudah menyanggupi, klub-klub juga sudah menyanggupi sehingga ketika [Piala Asia] U-23 di Qatar pemain terbaik bisa tampil,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, seperti yang dikemukakan tadi, Erick masih menyimpan kekhawatiran terhadap pemain abroad. Pasalnya, beberapa pemain abroad Timnas Indonesia U-23 diketahui merupakan pemain inti di skuad asuhan Shin Tae-yong itu. Kehadiran mereka tentunya amat dibutuhkan oleh skuad Garuda untuk berlaga di ajang tersebut. Erick pusing terkait perizinan mereka untuk bisa tampil di Piala Asia U-23 nanti.

“Tapi, kita masih pusing karena memang tidak masuk ke dalam kalender FIFA. Pemain-pemain kita yang di Eropa masih belum mendapatkan jawaban bisa memperkuat atau tidak. Kita ketahui ada empat hingga lima pemain bermain di Eropa,” ucapnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid