Timnas Indonesia

Jadwal Padat Menanti, PSSI Bakal Ganti STY di SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong bakal disibukkan dengan agenda super padat tahun depan. Seperti Piala Asia U-20, kemudian 2023, lalu Piala Asia 2023 dengan Timnas senior, selain itu ada SEA Games 2023, Asian Games, dan beberapa agenda FIFA Matchday lainnya. Padatnya jadwal sang pelatih membuat PSSI berencana untuk mengganti posisi STY di SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, event tersebut (SEA Games) merupakan event terbesar se-Asia Tenggara yang memperlombakan banyak cabang olahraga. Tidak hanya sepak bola, beberapa cabang olahraga lainnya juga turut diperlombakan. Sayangnya, untuk cabang olahraga sepak bola, pertandingan yang diwakili oleh Timnas U-23 itu tidak termaktub dalam kalender resmi FIFA. Sama halnya dengan SEA Games 2021 lalu – yang di mana U-23 finis sebagai juara ketiga.

Berdasarkan penilaian tersebut, PSSI berencana untuk mengganti posisi Shin dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia U-23 ‘hanya' di event tersebut saja. Sebab Shin harus menangani skuad Garuda lainnya dalam ajang yang jauh lebih penting.

Jika dijadwalkan secara berurutan sesuai waktu pelaksanaan, Shin akan memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 pada 1-18 Maret di Uzbekistan. Selesai dari Uzbekistan, STY akan tangani Timnas U-23 di SEA Games 2023. Setelah itu Shin harus kembali menangani Marselino Ferdinan dkk di Piala Dunia U-20 2023.

Kemudian berlanjut dengan Timnas senior di Piala Asia 2023 diikuti dengan ajang .

Melihat super padatnya jadwal sang pelatih, PSSI membuka peluang untuk mengganti posisinya. Lewat Ketua Umum Mochamad Iriawan – purnawirawan Polri itu menegaskan bahwa ia akan mengganti posisi STY di kursi kepelatihan ‘sementara' Timnas Indonesia.

“Iya tahun depan padat, ada SEA Games Mei juga kemudian ada Piala Dunia U-20, nah nanti kita diskusikan,” papar Iriawan usai laga Timnas Indonesia Vs Curacao jilid II kemarin malam.

“Pasti ada pelatih pengganti (Shin Tae-yong). Karena hanya tiga hari beda Piala Dunia (U-20) dengan SEA Games,” ujarnya menambahkan.

Terkait siapa nama pengganti Shin, Iriawan tidak ingin membongkar nama sang pelatih. Namun yang harus diketahui, pergantian pelatih didasarkan dan telah mendapatkan persetujuan langsung dari Shin Tae-yong sendiri.

“Kita akan umumkan siapa penggantinya nanti. Tetapi dengan seijin dari pelatih kepala (Shin Tae-yong),” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment