Intermezzo

Pernah Jadi Anggota Exco, Hasani Abdulgani Kembali ke PSSI sebagai Komite Disiplin



NOBARTV NEWS – Mantan anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani kembali ke kepengurusan PSSI. Erick Thohir mengangkat Hasani sebagai salah satu anggota Komisi Disiplin PSSI.

Sebagaimana diketahui, PSSI era Erick Thohir baru menjabat beberapa bulan ini. Terhitung, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu resmi menjabat sejak Kongres Luar Biasa PSSI pertengahan Pebruari lalu.

Namun sudah berjalan beberapa bulan lamanya, PSSI belum juga menetapkan struktur organisasi untuk para anggota ekskutif terpilih. Akan tetapi, lambat laun – Erick Thohir akhirnya menetapkan satu dua jabatan yang akan bertugas untuk PSSI periode 2023-2027.

Untuk jabatan sebagai Ketua Komite Wasit, Erick memilih dirinya sendiri. Ia beralasan jabatan tersebut dipegangnya agar tidak ada intervensi dari pihak manapun. Selain itu, jika ada yang berani memainkan peran wasit entah itu pengaturan skor atau sejenisnya, Erick dengan mudah akan mengurusnya sendiri sebagai pimpinan tertinggi di Komite Wasit tersebut.

“(Jadi ketua Komite Wasit) untuk memastikan kepemimpinan langsung kalau ada wasit yang nakal pemain yang nakal pengurus yang nakal saya gigit,” kata Erick Thohir.

Selain dihukum oleh PSSI, kata Erick Thohir lagi, para pengator skor atau apapun bentuk pelanggaran dalam dunia sepakbola tanah air juga akan diberikan hukuman oleh pihak kepolisian.

“Kapolri sudah memutuskan dia akan menghukum para pemain tadi yang mengatur skor. Hukuman kapolri sama saya beda, kalau kapolri masuk penjara kalau saya dihukum seumur hidup, masuk penjara dua tahun kalau seumur hidup nggak di bola gatel tu,” tambah Erick Thohir lagi.

Usai memilih dirinya sebagai Ketua Komite Wasit, kemarin PSSI kembali memilih jabatan lainnya yaitu Komite Disiplin. Untuk Komite Disiplin ini, Erick Thohir menggaet eks anggota Exco PSSI era Mochamad Iriawan yaitu Hasani Abdulgani.

Di masa kepemimpinan Iriawan, Hasani dan Hamdan Hamedan merupakan dua sosok yang sangat berjasa mendatangkan para pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Berkat keduanya, PSSI sukses mengalihkan kewarganegaraan pada Jordi Amat, Sandy Walsh, hingga Shayne Pattynama.

Keduanya kerap bolak-balik ke Eropa hanya untuk mengurusi proses naturalisasi tersebut. Tapi sayangnya, di era Erick Thohir, keduanya hilang.

Namun beruntung, Hamdan Hamedan yang juga mantan anggota Exco PSSI era Iriawan kini diangkat sebagai Staf Tenaga Ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga. Hamdan bertugas sebagai sosok yang menggali potensi atlet diaspora. Berkat Hamdan lah, beberapa waktu lalu Menpora berhasil mendata 30 pemain keturunan (diaspora) sebagai persiapan jelang 2023.

Selain Hamdan, seperti yang disebutkan di atas, Hasani juga kembali berkecimpung di dunia sepakbola tanah air. Erick Thohir resmi mengangkatnya sebagai salah satu anggota Komite Disiplin PSSI era 2023-2027. Hal tersebut disampaikan Erick pada hari Minggu kemarin di ASIOP Training Ground, Sentul, Bogor.

“Ketua; Eko (Hendro), wakil pak Asep (Edwin), ada Pak Hasani (Abdulgani). Sudah ada,” kata Erick Thohir.

“Yang belum itu komite wasit karena kita menunggu nama dari Jepang siapa yang akan ikut langsung di komite wasit,” ujarnya memungkasi.

Berikut adalah susunan Komdis PSSI era Erick Thohir:

Ketua: Eko Hendro

Wakil Ketua: Asep Edwin

Anggota: M Nigara, Aji Ridwan Mas, Hasani Abdulgani

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment