Timnas Indonesia

Indra Sjafri Tak Bisa Pastikan Pemain Keturunan Bela Indonesia di Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Tidak lebih dari satu bulan lagi, skuad Garuda muda akan bertanding di Piala Asia U-20 2023. Sayangnya, skuad asuhan Shin Tae-yong itu terancam tak bisa diperkuat oleh beberapa pemain keturunan.

Sebagaimana diketahui, TC Garuda muda sudah dimulai sejak awal bulan Pebruari ini. Namun sayangnya, setumpuk masalah menghinggapi mereka.

Pertama, skuad Garuda muda ditinggal pergi pemainnya ke luar negeri. Dari 30 pemain yang dipanggil Shin untuk mengikuti pemusatan latihan tersebut, dua di antaranya sedang berada di luar negeri. Mereka adalah Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Marselino sudah menandatangani kontrak dengan klub Belgia KMSK Deinze sedangkan Ronaldo Kwateh dikabarkan sedang bernegosiasi dengan salah satu klub Liga 2 Turki.

Kedua, banyak pemain tak dilepas klubnya. Sampai berita ini dimuat, dua pemain Persib dan empat pemain Persija masih berada di klub masing-masing. Padahal TC tersebut akan memasuki dua mingguan sejak pertama kali dilakukan. Persija dan Persib kompak menahan mereka karena kedua klub tersebut sedang bersaing untuk menjuarai Liga 1 musim ini.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dan kini, masalah baru kemungkinan akan menghampiri. Tiga pemain keturunan yang sedang dalam proses naturalisasi terancam tak bisa memperkuat Garuda muda di Piala Asia U-20 2023. Meski proses naturalisasi tersebut ditujukan agar mereka tampil di , namun tak menutup peluang jika mereka sudah bisa membela di Piala Asia U-20 2023.

Namun sayangnya, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick terancam gagal tampil di Piala Asia U-20 nanti. Sejatinya, PSSI menargetkan ke-tiganya untuk bisa tampil di even tersebut. Namun proses naturalisasi yang masih berada di tangan Setneg (Sekertariat Negara) membuatnya diperkirakan tak akan tampil. Hal itu disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

“Saya belum bisa jawab. Dia bisa ikut (Piala Asia U-20) kalau status kewarganegaraannya berganti. Setelah itu, perpindahan asosiasi selesai baru bisa ikut,” terang Indra Sjafri.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sebelumnya, Ketum PSSI Mochamad Iriawan berharap banyak agar proses naturalisasi Ivar Jenner dkk bisa selesai pada Pebruari ini. Jika bisa selesai cepat, maka mereka akan diupayakan turun di even Piala Asia U-20 tersebut.

“Sedang dalam proses, kita tunggu. Insyaallah lebih cepat dari proses seniornya (Shayne Pattynama, Jordi Amat, dan Sandy Walsh),” kata Iriawan Januari kemarin.

“Mudah-mudahan Maret ini sudah beres paling telat. Tetapi, saya harapkan Februari sudah tuntas,” pungkas mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Meski belum pernah turun di ajang resmi bersama skuad Garuda muda, namun sebetulnya ketiga pemain tersebut sudah pernah bermain di laga uji coba. Jadi, pada tahun 2022 kemarin, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick mengikuti TC jangka panjang skuad Garuda muda di Eropa. Saat itu, Timnas U-20 melakukan TC tersebut di Turki dan Spanyol. Menariknya, salah satu di antara pemain naturalisasi tersebut mencetak gol ke gawang Slovakia U-20 dalam even mini Costa Calida Region de Murcia Football Week di Spanyol.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

20 Comments