Timnas Indonesia

Sedang Dinaturalisasi, Ragnar Oratmangoen Dipastikan Batal Bela Indonesia di Piala Asia 2023, Kenapa?



NOBARTV NEWS – PSSI sedang melakukan proses naturalisasi terhadap tiga pemain keturunan. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Sayangnya, nama terakhir yakni Ragnar Oratmangoen dipastikan tak bisa memperkuat di Piala Asia 2023 mendatang. Kenapa?

Seperti yang diketahui, pada hari Rabu ini (06/12), PSSI dan Pemerintah RI baru saja merampungkan proses naturalisasi kepada bek muda Justin Hubner. Tahap akhir dari proses naturalisasi Justin Hubner dilakukan di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Setelah di pekan lalu membuat kejutan dengan dibawa ke markas Arsenal di ajang Liga Premier Inggris, setelah itu mencetak gol untuk Leicester City U-21, pada hari ini – Justin Hubner resmi berstatus sebagai WNI. Diresmikannya Justin Hubner sebagai WNI ditandai dengan sumpah yang dilakukannya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Setelah Justin Hubner, kini – PSSI sedang melakukan proses naturalisasi kepada tiga pemain lainnya. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Untuk dua nama awal Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, proses naturalisasi keduanya baru saja dibahas dalam sidang DPR RI Selasa (15/12) kemarin. DPR RI Komisi III dan IX setuju untuk memberikan hak kewarganegaraan kepada dua pemain yang bermain di Eropa itu.

Berikutnya, proses naturalisasi tersebut akan dilanjutkan dengan menunggu Keppres (Keputusan Presiden) RI. Diharapkan, keduanya secepat mungkin mendapatkan Keppres tersebut dan melakukan sumpah WNI (seperti Justin Hubner pagi ini) sehingga keduanya bisa tampil bersama skuad Garuda di waktu dekat ini.

Ya, di tahun depan, Timnas Indonesia akan tampil di dua ajang berbeda. Pertama adalah Piala Asia 2023 dan 2026 zona Asia. Dalam keterangannya, Menpora RI optimistis kalau dua pemain ini sudah bisa main di even tersebut. Akan tetapi, tidak halnya dengan Ragnar Oratmangoen. Karena proses naturalisasi Ragnar belakangan, maka ia disebut baru bisa sah merampungkan proses naturalisasi tersebut pada tahun depan. Dengan demikian, ia (Ragnar) dipastikan tidak akan bermain di Piala Asia mendatang.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sedang Dinaturalisasi, Ragnar Oratmangoen Dipastikan Batal Bela Indonesia di Piala Asia 2023, Kenapa?
Ragnar Oratmangoen dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir

“Prosesnya (Ragnar) masih belum siap seperti dua atlet ini, jadi sementara baru Jay (Idzes) dan Nathan (Tjoe-A-On) dan mungkin ragnar kita proyeksi di tahun depan,” ujar Menpora RI Dito Ariotedjo.

Di Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam grup D bersama tiga tim lainnya. Tiga tim tersebut adalah Timnas Jepang, Timnas Vietnam, dan Timnas Irak.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid