Timnas Indonesia

Resmi! Eks Pemain Timnas U-19 Rafli Mursalim Hijrah ke Klub Kamboja Nagaworld FC



NOBARTV NEWS – Eks pemain U-19 Rafli Mursalim resmi perkuat Nagaworld FC di Liga Kamboja.

Sebagaimana diketahui, Rafli merupakan salah satu pemain muda berbakat di era-nya. Saat itu, Rafli memperkuat Timnas Indonesia U-19 bersama dengan Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan beberapa rekan lainnya.

Berposisi sebagai seorang pemain depan (striker) membuat Rafli mudah diingat banyak orang. Terlebih, julukan yang diberikan kepadanya membuat namanya lebih dikenal. Ya, Rafli merupakan salah satu pemain jebolan Liga Santri. Di skuad Timnas Indonesia U-19 saat itu, Rafli biasa dipanggil dengan nama ‘Rafli Sang Santri' oleh komentator pertandingan. Bersama Timnas Indonesia U-19 kala itu, pemain kelahiran Tangerang 5 Maret 1999 ini sukses membuat 11 gol dari 15 pertandingan.

Tapi sayangnya, memasuki usia yang lebih dewasa, Rafli tak seperti beberapa rekannya. Sejatinya, ia sudah pernah mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23, akan tetapi dalam dua pertandingan yang dilakoni Timnas U-23 saat itu, ia hanya duduk manis di bangku cadangan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Sementara di skuad Timnas Indonesia senior, Rafli tak pernah mendapat panggilan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan rekan seangkatannya dulu seperti Egy Maulana Vikri ataupun Witan Sulaeman.

Di level klub, Rafli tercatat pernah membela tim besar Persija Jakarta. Setelah itu ia sempat mencicipi beberapa klub lainnya seperti Sulut United, Dewa United, hingga PSG Pati dengan status sebagai pemain pinjaman dari Persija. Pada tahun 2022 lalu, tepatnya pada tanggal 1 Agustus, Rafli pindah secara permanen ke klub Liga 2 Gresik United.

Namun sayangnya, kebersamaan Rafli dengan Gresik United tak berlangsung lama. Setelah absen main karena Tragedi Kanjuruhan, Rafli pada akhirnya memutuskan untuk hijrah ke luar negeri sebagai pemain abroad. Ya, pada Rabu 19 Juli kemarin, Rafli resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Nagaworld FC.

Nagaworld merupakan salah satu klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Kamboja. Adapun Rafli, ia merupakan salah satu dari enam pemain asing yang direkrut oleh Nagaworld untuk mengarungi Liga Kamboja musim depan. Sebelumnya, klub yang bermarkas di Kampong Speu Stadium itu sudah mempunyai lima pemain asing seperti Yuta Kikuchi (Jepang), Bektur Amangeldiev (Kirgistan), dan trio Brasil yaitu Alexandre Cardoso, Marcio Marques, serta Cristian Roque Silveira dos Santos.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Kepindahan Rafli ini sendiri membuat dirinya menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di Kamboja. Dan yang tak kalah menariknya adalah, di klub berjuluk ណាហ្គា (Naga) itu, Rafli akan menggunakan nomor punggung 9.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid