Timnas Indonesia

Drawing Piala Dunia U-17 2023 Dilangsungkan di Jakarta

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang 2023. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut drawing untuk ajang tersebut akan digelar di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, FIFA memutuskan untuk mencabut status kepada dua tuan rumah untuk dua ajang yang berbeda. Indonesia dinyatakan batal sebagai tuan rumah untuk 2023 dan Peru juga dipastikan gagal menjadi tuan rumah untuk even Piala Dunia U-17 2023.

Dibatalkannya status tuan rumah bagi dua negara tersebut memiliki alasan yang berbeda. Indonesia dinyatakan batal sebagai tuan rumah karena adanya gelombang protes dari berbagai kelompok organisasi masyarakat hingga kepala daerah. Ya, beberapa waktu sebelum drawing Piala Dunia U-20 dilakukan, dua kepala daerah yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster kompak menolak kedatangan Timnas Israel.

Padahal, Israel merupakan salah satu tim yang sudah dipastikan lolos sejak tahun lalu. Namun mirisnya, gelombang protes baru menyeruak menjelang perhelatan akbar tersebut. Alhasil, FIFA membatalkan status tersebut (tuan rumah untuk Piala Dunia U-20) karena Indonesia dianggap tidak bisa memberikan jaminan keamanan kepada salah satu kontestan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sebagai gantinya, FIFA menunjuk Argentina untuk menjadi tuan rumah di even tersebut. Kini, even tersebut sudah selesai digelar beberapa waktu lalu.

Adapun Peru, negara asal Amerika Latin itu dinyatakan batal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 karena krisis ekonomi yang sedang melanda. Akibatnya, Pemerintah Peru termasuk dengan PSSI-nya tak mampu memenuhi standarisasi untuk menggelar even akbar itu.

Dan sebagai gantinya, pada Jumat kemarin, FIFA memutuskan Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan Peru. Fasilitas yang dimiliki Indonesia – berikut dengan infrastruktur yang sudah disiapkan sejak direncanakan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 kemarin dianggap memenuhi standar.

Rencananya, even tersebut (Piala Dunia U-17) akan digelar pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang. Dan untuk sejauh ini, masih ada tersisa dua slot peserta dari 24 kontestan yang akan berlaga. Sisa dua tim yang akan lolos ke Piala Dunia U-17 akan diperebutkan oleh empat tim lewat babak delapan besar Piala Asia U-17 hari ini.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Adapun untuk babak drawing Piala Dunia U-17, Erick Thohir menyebutnya akan digelar di Indonesia tepatnya di Jakarta. Namun untuk lokasi rincinya, Erick belum tahu pasti. Namun dirinya akan mencari lokasi yang tepat untuk pelaksanaan drawing nanti.

“Nanti mungkin drawing biasanya di bulan Agustus. Drawing akan di Jakarta, kita cari lokasi yang tepat,” kata Erick Thohir.

“Susunan daripada tim-tim yang sudah lolos masih diproses terutama yang di Asia. Karena masih ada delapan pertandingan berjalan. Kita lihat dan tunggu, mungkin 1-2 hari ini tepatnya itu bisa tahu siapa saja yang lolos,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment