Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Lebih Percaya Iwan Bule daripada Sport Psikologis

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Anggota Exco PSSI Hamdan Hamedan mengungkap alasan di balik seringnya Ketum PSSI melakukan video call kepada para pemain. Ternyata, hal itu tak lepas dari permintaan sang pelatih Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Iriawan memang kerapkali melakukan video call dengan para punggawa . Tentu hal yang paling tak bisa dilupakan adalah ketika Iriawan menghubungi skuad Garuda sebelum final 2022. Saat itu, Iriawan mengatakan kalau dirinya ingin mengunjungi locker room skuad Garuda. Padahal, hal yang akan dilakukan Iriawan itu tidak diperbolehkan sama sekali.

Sontak, ucapan Iriawan tersebut jadi bulan-bulanan netizen Indonesia.

Tak selesai sampai di situ, Iriawan juga seringkali melakukan video call dengan Pratama Arhan ketika sang pemain berada di klubnya Tokyo Verdy. Bahkan, informasi pertama kali seringkali didapatkan dari percakapan Iriawan dengan para pemainnya itu.

Sebagai contoh, kepastian Arhan untuk bertanding di FIFA Matchday beberapa waktu lalu pertama kali dibocorkan oleh Iriawan. Saat itu, Iriawan bertanya perihal kesediaan Tokyo Verdy untuk melepas pemain Timnas Indonesia untuk membela negaranya. Dengan jelas, Arhan menjawab bisa – padahal klub belum memberikan keterangan lebih dulu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Sama halnya ketika Egy mengalami cidera usai SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu, Egy tak memiliki klub. Beberapa kabar menyebutkan ia akan hijrah ke tanah air alias ke klub Indonesia. Di saat kabar simpang siur itu bertebaran, Iriawan melakukan video call dengannya, dan dari jawaban yang diterima, Egy memastikan dirinya tetap di Eropa. Tak lama kemudian, Egy pindah ke klub Slovakia ViOn Zlate Moravce.

Tidak hanya itu saja, hampir menjelang kompetisi sang Ketum selalu melakukan hal serupa.

Ternyata, kegiatan yang dilakukan Ketum PSSI kepada para pemainnya ini atas dasar keinginan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu memang meminta Iriawan untuk sering-sering memberikan semangat kepada para punggawa Timnas Indonesia. Entah itu dengan cara bertemu langsung atau melakukan video call seperti yang biasa ia lakukan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota Exco PSSI Hamdan Hamedan.

“Gini, dulu ada yang bilang gini, ‘Pak Iwan (Bule) ngapain sih video call pemain',” buka Hamdan.

“Jadi dulu ada meeting, bagaimana cara motivasi pemain. Salah satu masukan dari pak Endri (Erawan) adalah bagaimana mendapatkan sport psikologis, biar tim bisa perform. Nah, jadi itu disuarakan di meeting,” lanjutnya.

Akan tetapi, bukannya mendatangkan sport psikologis, STY justru menyarankan Ketum PSSI yang mengambil alih tugas itu. Jadi, atas dasar itulah Ketum PSSI sering melakukannya.

“Kemudian coach STY (Shin Tae-yong) mengusulkan bukan sport psikologis, beliau menyarankan Ketum yang motivasi pemain. Jadi ini salah satu alasan, pak Ketum ‘ayo kalian berikan yang terbaik' itu sebetulnya hasil rapat tersebut,” paparnya lagi.

“STY jelaskan karena pak Ketum dihormati dicinta pemain timnas,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments

    1. Ya, saat Ibul mau mengundurkan diri pun STY juga ingin mundur dari sepakbola Indonesia saking percayanya STY kepada sosok Ibul, karena selama ini hanya Ibul yg sepenuhnya mendukung STY