Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong Terbukti Pandai Pilih Pemain Naturalisasi



Shin Tae-Yong Terbukti Pandai Pilih Pemain Naturalisasi
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Terpilihnya Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama tak lepas dari persetujuan Shin Tae-Yong. Pelatih asal Korea Selatan itulah yang memilih ketiga nama tersebut untuk mendapatkan kesempatan bermain bersama .

Sebetulnya, masih banyak pemain keturunan yang siap membela Timnas Indonesia. Akan tetapi, nama-nama mereka tidak menarik bagi sang pelatih. Meski demikian, ada pula pemain yang terang-terangan menolak pinangan Shin Tae-Yong. Di antaranya adalah Ragnar Oratmangoen, Kevin Diks, Mees Hilgers, dan beberapa nama lainnya.

Nama-nama tersebut memiliki darah Indonesia dan diakui kehebatannya oleh Shin Tae-Yong. Pengakuan Shin Tae-Yong bukan tanpa alasan. Peran, pengalaman, kemampuan, serta skill mereka menjadi tolak ukur mengapa mereka bisa dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Namun sayang, dari sederet nama-nama mentereng tadi, hanya tiga nama pertama yang bersedia membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Meski demikian, ketiga nama tersebut tidak bisa dianggap remeh. Ternyata, dari hasil tes medis yang sudah dijalankan beberapa waktu lalu, hasilnya sangat bagus. Shin Tae-Yong memberikan bukti jika pemain pilihannya tidak salah.

“Setelah dicek oleh medical center kita, banyak kelebihan pada mereka ya. Shin Tae-yong saya pikir tak salah memilih mereka. Karena kewenangan untuk memilih pemain naturalisasi bukan di saya, tetapi di pelatih,” terang ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Shin Tae-Yong menyambut positif kedatangan para pemain naturalisasi tersebut. Menurut Shin, dengan adanya pemain naturalisasi, maka Timnas Indonesia akan semakin kuat dan mampu bersaing di level Asia.

“Dengan pemain naturalisasi akan lebih kuat dari pada ini. Mulai dari sekarang bukan hanya mengikuti turnamen tapi juga menjadi tim bisa bersaing dengan yang ada di Piala Asia,” terang Shin Tae-Yong.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Sistem PSSI berkembang dan positif,” tutup mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Proses Naturalisasi Berjalan Baik

Sejauh ini, proses naturalisasi para pemain keturunan tersebut berjalan baik. Hal itu diutarakan oleh Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

“Prosesnya sedang berjalan, semoga cepat selesai,” ungkap Hasani pada 16 Juni kemarin.

Ketiga pemain tersebut diharapkan bisa tampil di FIFA Matchday bulan September mendatang.

“Mudah-mudahan saja (bisa tampil di FIFA Matchday),” tegasnya lagi.

Ketiga nama tersebut sebetulnya diproyeksikan untuk tampil bersama Timnas Indonesia di . Sayang, hingga hari keberangkatan tiba (ke Kuwait untuk mengikuti Kualifikasi), proses naturalisasi tersebut tak kunjung rampung. Akan tetapi, mengingat Indonesia akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia tahun depan, maka bisa dipastikan nama-nama tersebut sudah bisa tampil membersamai Marc Klok dkk di event paling bergengsi se-Asia itu.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid