Intermezzo

Jadi yang Tertinggi di Asia Tenggara, Ternyata Gaji Wasit Liga Indonesia Kalah Jauh dari Wasit Piala Dunia



NOBARTV NEWS – Sosok pengadil lapangan sangat penting di balik sebuah pertandingan sepak bola. Semakin bergengsi sebuah turnamen, maka semakin besar pula pundi-pundi uang yang akan didapatkannya. Bagaimana dengan wasit sekelas pemimpin laga Piala Dunia?

Diketahui, wasit yang memimpin laga Piala Dunia berasal dari berbagai negara. Namun seperti pada umumnya, wasit dari kedua kesebelasan dilarang untuk memimpin pertandingan tersebut. Biasanya, FIFA menunjuk wasit netral.

Meski disebut ‘netral’, namun tak sedikit pula yang mendapat sorotan karena kadang melakukan kekhilafan atau kesalahan. Maka daripada itu, dibutuhkan VAR atau kita kenal dengan nama panjang Video Assistant Referee. Namun untuk diketahui, VAR hanya sekadar teknologi yang dirancang untuk membantu, karena keputusan mutlak ada pada wasit yang ikut berada di dalam lapangan.

Nah, bagaimana dengan wasit sekelas Piala Dunia? Bagaimana besaran gaji yang didapatkannya? Apakah sebanding dengan gaji wasit Liga Indonesia yang konon memiliki nilai tertinggi di Asia Tenggara?

Sesuai yang dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, gaji wasit untuk Liga Indonesia mengalami kenaikan pada tahun ini (2022). Hal itu Iriawan ungkapkan dalam wawancara podcast beberapa waktu lalu bersama artis kondang Dedy Corbuzier. Secara blak-blakan, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu mengatakan untuk satu kali pertandingan, mereka bisa mendapatkan 10 juta rupiah.

Jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat dari gaji sebelumnya yang hanya 3,5 juta rupiah.

“Kalau wasit digaji oleh kami, atur PSSI, dulu 3,5 juta. Sekarang 10 juta, di ASEAN paling tinggi,” kata Iriawan.

“Dengan harapan wasit lebih tegas, berintegasi,” kata Iriawan waktu itu.

Namun pada kenyataannya, wasit Liga Indonesia banyak sekali melakukan blunder fatal. Keputusan-keputusannya kerap menimbulkan amarah dari pihak yang merasa dirugikan. Tak pelak, hal itu membuat Komdis PSSI beberapa waktu lalu memberikan hukuman kepada beberapa wasit Indonesia yang dianggap tak layak memimpin sebuah pertandingan.

Lalu, berapa gaji wasit Piala Dunia? Apakah sama dengan wasit sekelas Liga Indonesia yang notabenenya paling tinggi di Asia Tenggara?

Dilansir dari AS Sports, gaji untuk wasit Piala Dunia dibagi menjadi dua. Pertama gaji untuk fase grup dan kedua untuk fase gugur.

Jumlah uang yang didapatkan untuk wasit di setiap kali memimpin pertandingan fase grup Piala Dunia tak tanggung-tanggung. Total, mereka akan mendapatkan 3000 dolar untuk setiap pertandingan atau 46 juta rupiah. Empat kali lipat dari gaji wasit Liga Indonesia.

Jika masih dipercaya untuk memimpin pertandingan di fase gugur, mereka akan mendapatkan pundi-pundi uang yang jauh lebih besar lagi. Mereka bakal mendapatkan 154 juta rupiah atau 10.000 dolar. Sungguh fantastis bukan?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid