Timnas Indonesia

Pasca Piala Asia U-20, Garuda Muda Akan TC Lagi di Luar Negeri



NOBARTV NEWS – Setelah Piala Asia U-20 berakhir, skuad Garuda muda akan kembali mempersiapkan diri jelang tampil di 2023. Kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Hokky Caraka dkk akan kembali melakukan pemusatan latihan di luar negeri.

Sebagaimana diketahui, persiapan untuk tampil di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pertama, skuad Garuda muda diikutsertakan dalam sebuah pemusatan latihan di negara kelahiran Shin Tae-yong yakni Korea Selatan. Tidak sekadar TC saja, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berujicoba dengan beberapa tim lokal di sana.

Setelah itu, mereka pulang ke tanah air dan sempat tampil di dua even penting yakni U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Di dua even tersebut, nasib baik dan buruk datang kepada anak asuh Shin Tae-yong itu. Bertindak sebagai tuan rumah di Piala AFF U-19, skuad Garuda muda tak lolos dari fase grup. Sedangkan di Kualifikasi Piala Asia U-20, Muhammad Ferrari dkk berhasil mengunci posisi pertama grup F setelah menang sebanyak 3 kali. Hasil tersebut membuat lolos otomatis ke putaran final yang akhirnya dilakukan pada hari ini.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Menjelang beberapa bulan terakhir di tahun 2022 kemarin, Shin Tae-yong kembali memboyong pemainnya ke dua negara Eropa yaitu Turki dan Spanyol. Tidak kurang dari satu bulan lamanya, mereka melakukan latihan dan sempat beruji coba dengan beberapa tim kuat di sana.

Hingga pada akhirnya mereka pun dibubarkan dan kembali dikumpulkan lagi pada 1 Pebruari kemarin menjelang Piala Asia U-20 2023. Setelah dikumpulkan, mereka mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji coba melawan Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, hingga Selandia Baru U-20 – yang di mana ketiga tim tersebut merupakan kontestan Piala Dunia U-20 2023.

Dan pada hari ini, mereka akhirnya memulai partai pentingnya yakni melakoni laga perdananya di Piala Asia U-20 2023

Kabar terbaru menyebut bahwa usai Piala Asia U-20 ini, skuad Garuda muda tidak akan berleha-leha dulu. Sebab mereka akan kembali melakukan pemusatan latihan dikarenakan Piala Dunia U-20 semakin dekat. Hal itu dikonfirmasi oleh Ketum PSSI Erick Thohir. Katanya, skuad Garuda muda akan melakukan TC di luar negeri dengan jangka waktu yang lumayan lama.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Timnas U-20 Indonesia sekarang lagi di Uzbekistan. Setelah itu mereka akan lanjut TC di sebuah negara dengan waktu cukup lama. Baru nantinya mereka kembali ke Indonesia dan berlatih di sini untuk persiapan ke Piala Dunia U-20 2023,” kata Erick.

Erick menegaskan bahwa Piala Dunia U-20 bukan sekadar kehadiran Indonesia sebagai tuan rumah saja. Namun ia mengatakan bahwa di even itu, ada nama merah putih yang harus dipertaruhkan.

“Saya sudah bertemu langsung dengan coach Shin Tae-yong dan pemain. Piala Dunia U-20 2023 ini bukan sekedar event sepak bola tapi ini demi nama merah putih dipertaruhkan,” jelasnya lagi.

“Saya lihat mata para pemain berapi-api semuanya menyala. Tinggal kita menjaga momentum ini sebaik mungkin,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments