Timnas Indonesia

Update Rangking FIFA: Argentina Peringkat Kedua, Indonesia Naik Satu Tingkat!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS telah berakhir. Timnas Argentina berhak merengkuh gelar ketiganya sepanjang sejarah. Namun ternyata, kemenangan Lionel Messi cs di ajang sepak bola paling bergengsi itu tak lantas membuat Tim Tango menduduki peringkat pertama dalam rangking FIFA. Lalu, bagaimana dengan sendiri?

Pada tanggal 22 Desember kemarin, FIFA resmi meng-update peringkat terbaru untuk tim sepak bola pria. Update tersebut dilakukan setelah Piala Dunia 2022 Qatar selesai dilangsungkan.

Sebagaimana diketahui, dalam ajang sepak bola terakbar itu, Lionel Messi dkk akhirnya resmi menjadi juara. Namun bukan itu poin yang sebenarnya. Dengan keberhasilan legenda Barcelona itu membawa pulang trofi Piala Dunia, maka semakin pantas ia disebut sebagai GOAT atau Greatest of All Time yang memiliki makna terbaik sepanjang masa.

Tidak hanya Argentina saja, namun kuda hitam asal Afrika Timnas Maroko mengejutkan publik sepak bola dunia dalam even empat tahunan ini. Hakim Ziyech dkk mampu melangkah hingga semi-final Piala Dunia setelah menaklukkan tim-tim besar seperti Portugal, Spanyol, hingga Belgia.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Sayang, Maroko gagal melangkah ke babak final setelah tumbang dari Timnas Prancis 2-0 di babak semifinal. Namun perlu untuk diketahui adalah Maroko menjadi tim pertama asal Afrika yang mampu menembus babak semifinal Piala Dunia sepanjang sejarah.

Peringkat Maroko pun tak tanggung-tanggung. Peringkat tim berjuluk Singa Atlas itu melonjak drastis. Sebelum Piala Dunia 2022, Maroko berada di peringkat ke-22. Namun setelahnya, Maroko melesat ke posisi 11.

Lalu bagaimana nasib dengan Timnas Argentina?

Meski merengkuh gelar juara Piala Dunia 2022, namun ternyata Argentina tak mampu memuncaki peringkat pertama FIFA. Peringkat tertinggi justru masih dikuasai oleh Timnas Brasil – yang di Piala Dunia 2022 ini gugur di babak perempatfinal atas Timnas Kroasia.

Sepanjang Piala Dunia 2022 ini, Argentina mendapatkan poin tambahan sebanyak 64,50 sehingga kini total poin yang didapatkannya berjumlah 1838,38. Jumlah perolehan itu belum mampu mengusir Brasil dengan catatan poin 1840,77. Untuk diketahui, Brasil mendapatkan pengurangan poin sebanyak 0,53. Dengan demikian, Argentina hanya naik satu peringkat dari posisi tiga ke posisi kedua.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Adapun Timnas Indonesia, tim berjuluk Garuda Nusantara ini juga mengalami perubahan peringkat. Indonesia naik satu tangga dari posisi 152 ke 151. Padahal, Timnas Indonesia tidak mendapatkan tambahan atau pengurangan poin karena skuad asuhan STY itu tidak memainkan pertandingan apapun sejak 7 Oktober (update terakhir sebelum Piala Dunia) hingga 22 Desember 2022.

Jadi, poin Timnas Indonesia saat ini yaitu 1033,9. Ternyata, naiknya Indonesia ke peringkat 151 dipengaruhi oleh hasil pertandingan lain – yang di mana, Timnas Andorra yang notabenenya berada di atas Indonesia mengalami kekalahan di laga sebelumnya. Jadi, Timnas Andorra mendapatkan pengurangan poin sebesar 4,07 sehingga kini anak asuh Koldo Álvarez hanya memiliki poin sebanyak 1031,13. Jumlah tersebut membuat mereka terlempar ke peringkat 153 dan harus ikhlas posisi ke-151 yang ditempati sebelumnya diduduki Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

34 Comments