Timnas Indonesia

Exco PSSI Tegaskan Tak Ada Pemain Titipan di Timnas Indonesia, Semuanya Mutlak Keinginan STY!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Setelah sekian lama, Hamdan Hamedan tegaskan bahwa di tidak ada pemain titipan. Semua keputusan baik itu pemain yang akan dipilih, lokasi TC, hingga line up diputuskan secara mutlak oleh Shin Tae-yong sendiri.

Diketahui, ‘gosip' pemain titipan di Timnas Indonesia bukan kali ini saja menyeruak. Bahkan jauh sebelum STY mengambil kendali, kerapkali terdengar bahwa ada pemain titipan di Timnas Indonesia.

Bukan hal yang salah jika netizen beranggapan demikian. Para netizen tadi hanya melihat penampilan pemain di atas lapangan. Jika ada yang dirasa kurang sreg dan jauh dari kata pantas untuk membela Timnas Indonesia, maka netizen tak henti-hentinya mengecapnya sebagai pemain titipan.

Di era Shin Tae-yong sendiri beberapa skuad Garuda pernah dicap sebagai pemain titipan. Di Timnas U-20, striker muda Persija Jakarta Razzaa Fachrezi dicap sebagai pemain titipan.

Hal itu bermula ketika Garuda muda bermain di U-19 2022. Saat itu, Razzaa Fachrezi menjadi satu dari beberapa striker muda pilihan STY dalam mengarungi even sepak bola antara negara Asia Tenggara itu. Selain Razzaa, ada sosok Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim.

Jika dibandingkan dengan dua sosok terakhir, kualitas Razzaa jelas berbeda. Hal itu membuat netizen curiga bahwa ia adalah pemain titipan. Terlebih ketika mengetahui orangtua yang bersangkutan, kecurigaan netizen semakin merajalela.

Hanya karena Razzaa merupakan anak dari Komite Ekskutif KOI, Teuku Arlan Perkasa Lukman, bukan berarti ia adalah pemain titipan ketika masuk dalam skuad Timnas. Namun seperti yang disebutkan tadi, netizen hanya menilai performa untuk mengecapnya. Andai performanya baik, maka netizen tidak mungkin akan beranggapan demikian.

Tidak hanya Razzaa, di skuad Timnas senior, ada sosok Muhammad Rafli yang juga dicap sebagai pemain titipan. Rafli tak lain merupakan menantu dari Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto. Saat ini, pemanggilan Rafli masih menjadi tanda tanya pasalnya performanya tak jauh lebih baik dari striker Timnas Indonesia lainnya. Namun pada kenyataannya, Rafli masuk dalam 28 pemain pilihan STY jelang tampil di Piala AFF 2022.

Hingga pada akhirnya, Hamdan Hamedan pun angkat suara. Dalam keterangannya ke awak media kemarin, Hamdan mengatakan bahwa tak ada satupun pemain titipan di Timnas Indonesia. Baik itu untuk pemain lokal ataupun pemain yang akan dinaturalisasi. Katanya, semua pemain yang kini memperkuat Timnas Indonesia merupakan pilihan mutlak dari Shin Tae-yong sendiri.

“Jadi tidak ada pemain titipan,” ucap Hamdan Hamedan.

“Tidak ada pemain titipan, kita harus memproteksi Coach atau Kepala pelatih itu memiliki (Hak) Prerogatif,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment