Timnas Indonesia

Indra Sjafri Persilakan Pemain Diaspora Gabung Timnas Indonesia U-20



NOBARTV NEWS – Pelatih U-20 mempersilakan para pemain diaspora untuk bergabung dengan skuad yang diasuhnya.

Akhir hingga awal tahun depan, skuad Garuda di berbagai kelompok umur akan disibukkan dengan beberapa agenda penting. Seperti Timnas Indonesia senior misalnya. Kemarin, anak asuh Shin Tae-yong itu berangkat ke Turki guna mengikuti pemusatan latihan. Di sana, mereka akan melakoni tiga laga uji coba yakni melawan Timnas Libya sebanyak dua kali serta bertemu dengan Timnas Iran.

Agenda uji coba serta pemusatan latihan tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri jelang digelarnya even akbar Piala Asia 2023. Di even tersebut, Marc Anthony Klok dkk tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam. Oleh karenanya, sejak akhir tahun hingga awal tahun ini, mereka digembleng dengan keras demi meraih hasil maksimal di even nanti.

Selain Timnas Indonesia senior, skuad Garuda untuk kelompok umur yakni U-20 juga sedang mempersiapkan diri. Persiapan itu dilakukan dengan rencana menggelar pemusatan latihan di Qatar. Persiapan yang akan dilakukan oleh Timnas Indonesia U-20 adalah dalam rangka bersaing di 2025. Oleh karenanya, untuk punggawa yang dipersiapkan Indra, mereka adalah pemain yang merupakan alumni 2023 kemarin. Di tahun 2025 nanti, usia Arkhan Kaka dkk adalah 20 tahun.

Indra Sjafri Persilakan Pemain Diaspora Gabung Timnas Indonesia U-20
Salah satu pemain diaspora Welber Jardim

Kata Indra selaku pelatih Timnas Indonesia U-20, ia akan mengambil pemain-pemain terbaik dari alumni Piala Dunia U-17 tersebut. Mereka yang memberikan penampilan terbaik mendapatkan garansi untuk terpilih dalam skuad yang diasuhnya.

“Siapa yang terbaik dari (Timnas) U-17, saya garansi pasti terpilih,” terang Indra Sjafri.

Selain dari alumni Piala Dunia U-17, Indra juga akan merekrut sebanyak mungkin pemain bertalenta baik itu dari dalam hingga luar negeri. Berarti, para WNI yang tinggal di luar negeri atau biasa disebut dengan diaspora juga akan ditampung olehnya. Hanya saja, seperti yang dikatakan Indra, pemain yang layak untuk masuk (Timnas Indonesia U-20) adalah ia yang memang memberikan penampilan terbaik.

“Jadi kalau menanyakan sumber pemain, itu pemain-pemain yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya menambahkan.

“Termasuk warga negara Indonesia yang ada di luar negeri akan kita beri kesempatan karena tim nasional harus menunjukkan ke-Indonesiaannya,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

FIFA tunjuk Chili sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2025

Beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya telah menunjuk Chili sebagai tuan rumah. Dengan demikian, jika Timnas Indonesia asuhan Indra Sjafri ini ingin tampil di even tersebut, maka mereka haruslah finis di empat besar pada ajang Piala Asia U-20 2025. Sebab dengan mencapai babak semifinal di even tersebut, maka Indonesia dinyatakan berhak mewakili AFC sebagai salah satu kontestan di Piala Dunia U-20 nanti.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid