Timnas Indonesia

Serius Hadapi Indonesia di Piala AFF 2022, Filipina Panggil Pemain Keturunan dari Kasta 2 Liga Spanyol Oscar Arribas

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Salah satu pesaing Indonesia di fase grup 2022 yakni Timnas Filipina dikabarkan telah memanggil satu pemain asal klub Liga 2 Spanyol. Adalah Oscar Arribas, striker FC Cartagena ini dipanggil guna menghadapi dan beberapa tim lainnya di grup A Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF edisi 2022 ini menggunakan format round robin. Round robin memungkinkan setiap tim melakoni laga kandang dan tandang. Timnas Indonesia sendiri akan bertindak sebagai tuan rumah ketika menjamu dua tim dan juga akan bertindak sebagai tim tamu ketika berhadapan dua tim lainnya.

Adapun di laga melawan Timnas Filipina, skuad Garuda muda akan melakoni partai tandang. Laga antara keduanya akan dihelat di Rizal Memorial Stadium atau markas Timnas Filipina. Marc Klok dkk akan bertindak sebagai tuan rumah ketika menjamu dua kontestan lainnya yakni Timnas Kamboja dan Thailand.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Saat ini, PSSI sendiri belum mengumumkan skuad sementara Timnas Indonesia. Sedangkan beberapa tim lainnya baik itu pesaing Indonesia di grup A atau kontestan lainnya di grup B telah mempersiapkan keikutsertaan mereka dengan sebaik mungkin. Selain telah mengumumkan skuad sementaranya, tim-tim tersebut juga telah merencanakan laga uji coba sebelum tampil di even dua tahunan di Asia Tenggara itu. Begitupun dengan yang tengah dilakukan oleh Timnas Filipina.

Dalam pemanggilan pemain, Timnas Filipina jauh lebih dimudahkan daripada Indonesia. Filipina menganut sistem dobel kewarganegaraan. Sehingga mereka bisa memanggil pemain manapun selama ia memiliki darah keturunan Filipina. Sedangkan Indonesia, negara dengan ratusan jiwa ini harus melalui tahap naturalisasi terlebih dahulu jika seorang pemain ingin tergabung ke dalam skuadnya.

Dilansir dari Murcia Plaza, “PFF mengundang Oscar Arribas untuk ke Filipina 13-19 November 2022. Kemungkinan besar, undangan itu dilakukan untuk membahas peluang Oscar Arribas tampil di Piala AFF 2022.”

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Oscar Arribas sendiri bukanlah satu-satunya pemain Filipina yang berkarir di . Sebelumnya ada nama Javier Patio dan Bienvenido Maranon. Namun sayang, untuk Javier Patio, sang pemain saat ini telah pensiun dari sepak bola.

Musim ini, Oscar Arribas telah tampil sebanyak 11 kali di ajang La Liga 2. Pemain kelahiran 22 Oktober 1998 ini tentu bakal jadi momok menakutkan bagi Timnas Indonesia. Apalagi ketika kedua tim ini bertemu, Indonesia akan bertindak sebagai tim tamu.

Sebelum membela FC Cartagena, Oscar Arribas pernah membela klub divisi 3 Liga Spanyol AD Alcorcón. Di klub pertamanya itu, Oscar telah mencatatkan 116 penampilan dan sudah mengemas 10 gol serta 5 assist. Namun yang lebih menakutkan lagi, selain lihai sebagai seorang striker, Oscar juga bisa ditaruh sebagai winger – sehingga hal ini bakal jadi PR besar bagi Shin Tae-Yong jika nantinya kedua tim ini sudah saling berhadapan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments