Timnas Indonesia

Gabung Timnas U-23 dalam Kondisi Cedera, Dewangga Ungkap Kelemahan Skuad Garuda



NOBARTV NEWS – Bek Alfeandra Dewangga mengungkapkan kelemahan tim-nya jelang tampil di U-23 2023.

Sebagaimana diketahui, di waktu dekat ini, skuad Garuda akan bermain di ajang Piala AFF U-23 2023 di Kamboja. Dijadwalkan, mereka akan bermain di even itu pada tanggal 18 sampai 26 Agustus mendatang.

Saat ini, rombongan skuad Garuda beserta staf pelatih Timnas Indonesia lainnya sudah berada di Thailand. Mereka berangkat pada Senin (14/8) kemarin dan langsung tiba di sana pada hari yang sama. Ramadhan Sananta dkk dijadwalkan akan memainkan laga perdananya melawan Timnas Malaysia U-23 pada hari Kamis mendatang. Selain melawan tim Harimau Malaya Muda, anak asuh Shin Tae-yong itu juga akan bertemu dengan Timnas Timor Leste U-23. Skuad Garuda, Timnas Malaysia, dan Timnas Timor Leste tergabung di grup B pada even ini.

Sayangnya, persiapan yang dilakukan oleh Shin Tae-yong sebelum berangkat ke Thailand sangatlah sedikit. Pada Selasa lalu (8/8), PSSI mengumumkan daftar 23 pemain yang akan mengikuti TC. Mereka diminta berkumpul di pemusatan latihan pada Kamis 10 Agustus atau dua hari pasca pengumuman. Tapi sayangnya, di TC tersebut, beberapa pemain kunci seperti Rizky Ridho dan Dzaky Asraf tidak diperbolehkan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Akibatnya, secara mendadak, PSSI atas persetujuan Shin Tae-yong memanggil beberapa pemain pengganti dengan waktu mepet.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sejak hari Kamis sampai Minggu – dalam waktu empat hari saja, mereka mempersiapkan diri di tanah air sebelum di hari Senin harus terbang meninggalkan Indonesia. Jika dibandingkan dengan kontestan lainnya, jelas skuad Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya tim yang memiliki persiapan yang sangat sedikit.

Namun demikian, hal ini cukup wajar – mengingat skuad Garuda tidak diberikan target apapun oleh PSSI. Jadi, sama halnya seperti even lainnya yaitu Asian Games 2022, untuk dua ajang ini – PSSI tak mematok target apapun kepada punggawa Timnas Indonesia.

Akan tetapi, hal ini tentunya menjadi masalah tersendiri bagi skuad Garuda. Hal tersebut diiyakan oleh salah satu pemainnya yakni Alfeandra Dewangga. Kata Dewangga, persiapan skuad Garuda di even ini sangatlah mepet.

“Persiapan mepet mungkin ini sangat kurang. Tapi karena liga juga ya jadi kita juga pasti mepet,” kata Alfeandra Dewangga.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Klub juga lepas mepet, yang pasti kita akan berjuang buat timnas Indonesia untuk meraih yang terbaik,” ujarnya menambahkan.

Meskipun demikian, Alfeandra tetap memasang target tinggi bagi dirinya dan skuad Timnas Indonesia lainnya. Ia mematok skuad Garuda harus keluar sebagai juara di even tersebut.

“Target pribadi pasti inginnya menang. Tapi kita lihat karena persiapan kurang jadi kita lakukan yang terbaik,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment