Timnas Indonesia

Gagal di Piala AFF, Iwan Bule Minta STY Fokus ke Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah menerima kedatangan skuad Garuda usai dipastikan gugur dari 2022. Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu kini meminta Shin Tae-yong untuk fokus ke ajang berikutnya. Terdekat, pelatih asal Korea Selatan itu akan menangani Garuda muda di Piala Asia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, pada akhirnya gagal mencapai target yang sudah diusungnya sejak awal. Di Piala AFF 2022 ini, Shin Tae-yong diminta untuk membawa Timnas Indonesia keluar sebagai juara untuk pertama kalinya. Sayang, jangankan untuk juara, langkah mereka justru terhenti di babak semifinal. Skuad Garuda tumbang dengan skor agregat 2-0 dari Timnas Vietnam di babak semifinal tersebut.

Kini, para rombongan Timnas Indonesia telah tiba di Indonesia. Beberapa di antaranya sudah kembali ke klubnya masing-masing guna mengarungi lanjutan kompetisi putaran kedua musim 2022-2023. Sedangkan Shin, sang pelatih dipastikan tidak akan membesut Timnas senior untuk sementara ini. Sebagai gantinya, Ketum PSSI Mochamad Iriawan memintanya untuk fokus ke turnamen terdekat yakni Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di Piala Asia U-20 2023, Marselino Ferdinan dkk tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Iriawan meminta STY untuk fokus di Piala Asia U-20. Kata Iriawan, Piala Asia U-20 sangat penting untuk mempersiapkan diri jelang even yang jauh lebih besar seperti 2023.

“Piala Asia U-20 ini sangat penting bagi kita. Ini merupakan ujian sebelum kita menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 nanti,” kata Iriawan.

“Meskipun kita belum bisa juara, kita harus menatap masa depan dengan optimisme tinggi. Pemain dan pelatih sudah berjuang maksimal, kita harus hargai itu. Tetap semangat, tetap berjuang untuk event selanjutnya agar lebih baik lagi,” terangnya lagi.

Sampai saat ini, empat tim perwakilan Asia untuk Piala Dunia U-20 belum diputuskan. Perwakilan tersebut akan diambil dari semi-finalis Piala Asia U-20 ini. Empat tim terbaik akan mewakili Asia untuk turnamen bergengsi yang akan di Indonesia itu. Andaikata Garuda muda masuk ke dalam 4 besar (semi-final Piala Asia U-20), maka otomatis tim peringkat kelima terbaik di Piala Asia U-20 tampil di Piala Dunia U-20 karena Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan lolos karena statusnya sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Selain Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 tadi, masih banyak even lainnya yang harus diemban Shin sebelum masa kontraknya berakhir pada 31 Desember 2023 mendatang. Seperti SEA Games 2023 di Kamboja, di China, hingga Piala Asia 2023 di Qatar.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

25 Comments

      1. Faktor mental yg paling berpengaruh terutama saat menghadapi lawan-lawan kuat, mirip seperti kejadian Timnas U-17 era Bagus Bagas saat bertemu Australia mental mereka seperti drop di laga itu terutama di babak kedua