Timnas Indonesia

Pengamat Soal Indonesia Segrup dengan Vietnam, Jepang, dan Irak: Ini Tantangan yang Bagus!



NOBARTV NEWS – Pengamat sepakbola Indonesia Mohamad Kusnaeni menyebut hasil drawing Piala Asia 2023 merupakan tantangan yang bagus untuk .

Sebagaimana diketahui, pada drawing Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Doha Qatar kemarin, Timnas Indonesia dipastikan berada di grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam. Sebelumnya, keempat tim tersebut berada di pot yang berbeda. Timnas Jepang tergabung di pot 1 bersama tim-tim kuat Asia lainnya seperti Timnas Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, Iran, dan tentunya tuan rumah Qatar.

Sementara itu, Timnas Vietnam tergabung di pot 2 serta Timnas Irak di pot 3. Adapun Timnas Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong itu berada di pot 4 bersama lima tim lainnya. Ke-enam tim tersebut termasuk Timnas Indonesia merupakan tim dengan peringkat terendah dalam daftar 24 kontestan Piala Asia 2023. Dan di babak drawing tersebut, mereka terpencar ke berbagai grup. Sekadar diketahui, enam tim yang berada di pot 4 adalah Timnas Indonesia, Tajikistan, Thailand, India, Hong Kong, dan Malaysia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Timnas Tajikistan tergabung ke grup A, sedangkan Thailand berada di grup F. Negara tetangga Malaysia terlempar ke grup E serta India di grup B. Adapun Hong Kong, mereka dipastikan berada di grup C. Dan Indonesia, seperti yang disebutkan tadi, mereka akan berjumpa Timnas Jepang, Irak, dan Vietnam di grup D.

Khusus untuk nama pertama yakni Timnas Jepang, negara yang dijuluki Samurai Biru itu merupakan raksasa Asia saat ini. Bahkan, Jepang adalah negara langganan untuk even sepakbola yang jauh lebih besar yaitu Piala Dunia. Di kemarin, skuad Jepang membuat kejutan dengan mengalahkan Timnas Jerman dan Jepang di fase grup. Saat itu pula, Jepang akhirnya lolos ke babak 16 besar.

Dengan demikian, melawan Timnas Jepang yang merupakan tim terbaik Asia (berdasarkan peringkat FIFA) merupakan sebuah kejutan sekaligus tantangan bagi Timnas Indonesia. Bahkan, pengamat sepakbola Indonesia Mohamad Kusnaeni menyebutnya sebagai tantangan yang ‘bagus.'

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Ini tantangan yang bagus. Bagaimanapun Jepang, Irak, dan Vietnam itu tim yang secara kualitas berada di atas kita. Itu bisa dilihat,” kata Mohamad Kusnaeni menanggapi hasil drawing tersebut.

Dengan dilakukannya babak drawing tersebut, pria yang biasa disapa Bung Kus ini menyebut Shin Tae-yong memiliki kesempatan yang baik untuk mempersiapkan timnya jelang even tersebut digelar. Bung Kus berharap Timnas Indonesia dipertemukan dengan tim-tim yang memiliki karakter mirip dengan lawan mereka (di Piala Asia 2023) sebelum bertanding di even resmi nanti.

“Ini kesempatan pelatih Shin Tae Yong menyusun agenda lawan-lawan uji coba yang bermanfaat untuk persiapan menuju Piala Asia 2023. Sangat penting kita bertemu dengan lawan-lawan yang cocok karakternya,” ujarnya menambahkan.

“Kalau untuk Juni kan katanya ada Palestina. Itu cocok. Tinggal cari nanti lawan yang mirip dengan Jepang dan Vietnam. Kalau Vietnam mungkin sudah paham, tanpa uji coba oke,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid