Timnas Indonesia

Kabar Baik! Erick Thohir Pastikan Proses Naturalisasi Dilanjutkan pada 13 Maret 2023



NOBARTV NEWS – Kemarin, Ketum beserta bawahannya (exco PSSI) melakukan sebuah rapat. Rapat tersebut membahas berbagai hal – yang salah satunya terkait dengan progres naturalisasi pemain Timnas U-20. Kata Erick, proses naturalisasi tiga pemain muda keturunan akan dilanjutkan pada 13 Maret 2023.

Sebagaimana diketahui, proses naturalisasi tiga pemain muda yakni Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick harus diakui memang sedang tersendat. Proses naturalisasi tersebut sejatinya sudah berada di meja DPR – bahkan seharusnya sudah disidang oleh mereka.

Akan tetapi, setelah surat persetujuan naturalisasi itu ditandangani oleh Presiden RI Joko Widodo, prosesnya menjadi macet. Hal ini disebabkan DPR RI masih dalam masa reses. Sehingga mau tak mau kelanjutan proses naturalisasi itu harus menunggu sampai masa (reses) tersebut berakhir.

Kabar baiknya, kata Erick Thohir kemarin, pihaknya yakni PSSI akan mendorong percepatan proses naturalisasi itu. Erick memastikan kalau proses naturalisasi bisa selesai secepat yang bisa PSSI usahakan. Bahkan kata Erick lagi, setelah masa reses DPR selesai, ia akan turut memantau perkembangan proses tersebut hingga pada akhirnya nanti semuanya selesai sebelum 2023.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Karena sebagaimana diketahui, proses naturalisasi tiga pemain keturunan tersebut memang ditujukan sebagai persiapan sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2023. Setelah mendapatkan saran dari Shin Tae-yong selaku pelatih, dan didengarkan oleh PSSI (era Mochamad Iriawan), kemudian dilanjutkan dengan kesepakatan bersama Menpora, maka ke-tiganya pun diajukan ke Kemensetneg (Kementerian Sekertariat Negara). Kabar baiknya, Presiden RI Joko Widodo sepakat untuk menaturalisasi mereka.

Menariknya, ketiga pemain muda tersebut saat ini diketahui bermain untuk tim besar Eropa. Justin Hubner merupakan bek tengah muda untuk tim reserve Wolverhampton Wanderers U-21. Ia menjadi andalan untuk tim muda Wolves ketika mengarungi Liga Premier Inggris 2.

Adapun Ivar Jenner, gelandang tengah jangkung tersebut bermain di tim muda FC Utrecht U-21. Sedangkan Rafael Struick, pemain yang berposisi sebagai sayap dan juga striker itu bermain di divisi kedua bersama ADO Den Haag.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Tadi di dalam rapat Exco [komite eksekutif] pun kami juga bicara mengenai naturalisasi pemain ya, di mana suratnya ini kita sudah kirim dan bapak presiden sudah membuat surat tembusan ke DPR, cuma DPR lagi reses,” kata Erick

“Rencana tanggal 13 [Maret] itu mulai didorong oleh DPR untuk naturalisasi pemain ya terutama untuk U-20. Seperti apa prosesnya ya kita ikuti karena memang kan namanya itu ada proses,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments