Timnas Indonesia

60 Persen Skuad Garuda di Piala AFF U-23 Terpilih ke Skuad Kualifikasi Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong akan memboyong 60 persen pemainnya di U-23 kemarin untuk tampil di ajang Kualifikasi 2024 mendatang.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, skuad Garuda tampil di ajang Piala AFF U-23 2023. Di even tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu finis sebagai runner-up usai dikalahkan oleh Timnas Vietnam U-23 di perebutan tempat pertama.

Ya, dalam partai final yang digelar di Rayong Province Stadium Thailand kemarin, skuad Garuda dihadapkan dengan skuad The Golden Star Warriors. Sebelum pertandingan ini digelar, Ramadhan Sananta dkk berhasil membuat kejutan dengan membungkam sang tuan rumah Thailand U-23 di babak semifinal. Tanpa ampun, anak asuh Shin Tae-yong itu membantai tuan rumah dengan skor akhir 1-3.

Adapun Timnas Vietnam U-23, mereka berhasil mengalahkan juara grup B Timnas Malaysia U-23 dengan skor akhir 1-4.

Sayangnya – bagi U-23, ketika jumpa dengan Vietnam U-23 di perebutan tempat pertama itu, mereka dipaksa menyerah lewat babak adu penalti. Setelah bermain imbang di waktu normal (2×45 menit) dan dilanjutkan di babak extra time (2×15 menit), kedua tim akhirnya melanjutkan penentuan juara Piala AFF U-23 lewat babak adu penalti.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di babak adu penalti tersebut, satu eksekutor Timnas Indonesia U-23 gagal menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Sang eksekutor adalah Ernando Ari. Tendangan penalti kiper muda Persebaya Surabaya itu berhasil dibaca oleh penjaga gawang Vietnam U-23. Alhasil, skuad Garuda gagal meraih gelar dan harus berpuas berada di peringkat kedua alias menjadi runner-up.

Pasca Piala AFF U-23 tersebut, di waktu yang amat dekat ini – skuad Timnas Indonesia U-23 juga akan bermain di even lainnya. Even yang dimaksud adalah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Di even ini, anak asuh Shin Tae-yong itu akan berhadapan dengan Timnas Turkmenistan U-23 dan Taiwan U-23. Ditargetkan, skuad Garuda berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 lewat babak kualifikasi tersebut.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong tentunya akan membawa skuad terbaiknya di laga itu. Kabarnya, sebanyak 60 persen dari pemain yang akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 merupakan alumni Piala AFF U-23 2023 kemarin. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Sumardji.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Dari skuad sekarang, hanya 60 persen yang dipertahankan dan dipakai lagi untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Nantinya ada yang dipanggil, ada juga yang tidak,” kata Sumardji.

Akan tetapi, sebelum mereka dipanggil kembali untuk babak kualifikasi tersebut, PSSI akan lebih dulu memulangkan mereka ke klubnya masing-masing.

“Sekarang pemain akan kami kembalikan ke klub dahulu. Nantinya ada 27 pemain yang akan kami panggil lagi untuk ke Solo,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment