Timnas Indonesia

Alfriyanto Nico Bicara Soal Kekurangan Timnas U-20 Saat Ini, Lini Depan & Belakang Bermasalah!



NOBARTV NEWS – Alfriyanto Nico merupakan satu dari beberapa pemain Persija yang mendapatkan kepercayaan ikut dalam pemusatan latihan bersama U-20 di Eropa. Selama menjalani pemusatan latihan sampai saat ini, Nico berbicara terkait kekurangan Timnas U-20.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 tengah melakukan pemusatan latihan di Eropa. Dua negara dipilih oleh PSSI dan Shin Tae-yong sebagai lokasi latihan sekaligus melakoni beberapa agenda uji coba. Kedua negara tersebut adalah Turki dan Spanyol.

Kini, skuad asuhan STY sedang berada di Turki. Sejatinya, mereka sudah tidak berada di sana (Turki) lagi karena jadwal pemusatan latihan tersebut sudah berakhir. Sejak uji coba terakhirnya melawan Moldova U-20, skuad Garuda muda seharusnya berangkat menuju negara kedua yaitu Spanyol. Namun dikarenakan masalah visa yang belum jadi, skuad Garuda muda termasuk rombongan lainnya pun terpaksa mendekam (di Turki) untuk lebih lama lagi.

Di Turki, Timnas Indonesia U-20 telah melakukan empat laga uji coba. Namun karena mereka masih bertahan di sana, sembari menunggu visa rampung, pada akhirnya diputuskan bahwa mereka akan melakukan satu uji coba lagi sebelum berangkat ke Spanyol nanti. Adapun di empat uji coba kemarin, skuad Garuda muda sukses mencatatkan dua kali kemenangan, satu imbang, dan satu kali menelan kekalahan.

Dua kemenangan Timnas Indonesia diraih ketika menghadapi tim lokal Cakallikli Spor 2-1 dan ketika berjumpa Moldova U-20 3-1. Adapun di pertemuan kedua melawan Moldova U-20, Muhammad Ferrari dkk ditahan imbang 0-0. Satu-satunya kekalahan yang diterima skuad Garuda terjadi ketika mereka dijamu Timnas Turki U-20. Saat itu, Garuda muda tumbang dengan skor akhir 2-1.

Dari keempat uji coba yang sudah dijalani Timnas Indonesia itu, Alfriyanto Nico angkat bicara. Pemain muda Persija Jakarta itu mengungkapkan kelemahan yang terdapat pada tim yang dibelanya itu. Nico merasa kelemahan yang pertama kali harus dibenahi adalah lini belakang.

“Kalau latihan ya kita harus latihan jaga konsisten defending,” ujar Nico.

Selain itu, Nico dkk diminta oleh STY untuk memperbaiki finishing – yang dalam hal ini biasa diemban oleh lini depan.

“Dan memperbanyak buat aliran bola ke depan. Sama memanfaatkan peluang yang ada,” ujarnya menambahkan.

Serangkaian uji coba serta pemusatan latihan ini ditujukan sebagai persiapan Garuda muda sebelum tampil di dua even penting tahun depan. Kedua even tersebut adalah Piala Asia U-20 dan 2023.

Timnas Indonesia sendiri tergabung di grup A bersama Timnas Uzbekistan, Irak, dan Suriah di Piala Asia U-20 2023. Sedangkan di Piala Dunia U-20, Marselino Ferdinan dkk masih menunggu seluruh kontestan yang dinyatakan lolos untuk kemudian dibagi ke dalam grup sesuai dengan pot yang ditempatinya nanti.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid