Timnas Indonesia

Belum Puas, Bima Sakti Agendakan 2 Uji Coba Lagi sebelum Digelarnya Piala Dunia U-17



NOBARTV NEWS – Tercatat, sudah ada 10 uji coba yang dilakukan U-17 jelang tampil di 2023. Namun ternyata, sang pelatih Bima Sakti mengaku belum puas dan ingin anak asuhnya itu melakoni dua uji coba tambahan sebelum tampil di ajang bergengsi tersebut.

Sebagaimana diketahui, serangkaian pemusatan latihan beserta uji coba sudah selesai digelar skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) di luar negeri. Bertempat di Jerman, anak asuh Bima Sakti itu telah melakoni beberapa laga uji coba di negara Eropa tersebut.

Tercatat, ada tujuh uji coba yang dimainkan Iqbal Gwijangge dkk selama berada di Jerman. Dari tujuh uji coba ini, mereka hanya mencatatkan dua kemenangan saja. Bahkan, sebelum berangkat ke Jerman, ketika masih berada di Indonesia skuad Garuda Asia juga telah memainkan tiga uji coba melawan tim luar negeri. Dengan demikian, terdapat 10 uji coba yang sudah dilakoni oleh mereka sejauh ini.

Tiga uji coba di Indonesia saat itu adalah melawan Barcelona Juvenil, Kashima Antlers U-18, dan Timnas Korea Selatan U-17. Dalam tiga laga uji coba tersebut, mereka selalu menelan kelalahan.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Adapun dalam uji coba di luar negeri (Jerman) yakni melawan VFL Osnabruecrk U-19 (2-1) dan SC Paderborn Youth U-17 (1-0), Arkhan Kaka dkk sukses mencatatkan kemenangan. Sementara itu, satu laga lainnya berakhir imbang ketika mereka bertemu dengan SV Meppen U-17 (1-1).

Sayangnya, di empat laga lainnya yakni versus Mainz U-19 (0-3), Eintracht Frankfurt U-19 (0-3), TSV Meerbusch (0-1), dan FC Koln U-17 (2-3), skuad Garuda menelan kekalahan.

Dan kini, setelah 10 uji coba tersebut, anak asuh Bima Sakti itu sudah pulang ke tanah air. Sebab pada tanggal 10 Nopember mendatang, mereka sudah memulai partai perdananya di ajang tersebut. Diketahui, pada ajang ini, Timnas Indonesia U-17 tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Belum Puas, Bima Sakti Agendakan 2 Uji Coba Lagi sebelum Digelarnya Piala Dunia U-17
Timnas Indonesia U-17 ketika latihan di Jerman
Baca Juga:  Resmi: PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Menariknya, meskipun laga perdana akan digelar tak lebih dari satu bulan lagi, tetapi sang pelatih Bima berencana untuk menggelar dua laga uji coba lagi di tanah air. Hal ini Bima lakukan demi memantapkan persiapan timnya jelang laga perdana tersebut. Hal ini menyiratkan bahwa sang pelatih belum puas dengan serangakaian uji coba yang sudah dilakukan timnya selama berada di Eropa kemarin.

“Rencana 2 kali (uji coba lagi). Di sini (Jakarta) satu, di sana (Surabaya) satu,” kata Bima Sakti Selasa (24/10) kemarin.

“Levelnya tapi enggak begitu tinggi yang di Surabaya. Waktu mepet,” ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Bima lagi, sejatinya skuad Garuda Asia mendapatkan tawaran uji coba dari tim sesama kontestan Piala Dunia U-17. Akan tetapi, sang pelatih tidak berani mengambil resiko. Ia khawatir dengan uji coba tersebut anak asuhnya justru mendapat cedera sehingga membuat persiapan timnya kurang maksimal di even nanti.

“Sebenarnya ada tawaran beberapa (dari peserta Piala Dunia U-17 2023. Tapi karena waktu mepet, kami enggak mau ambil resiko. pemain takut cedera,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid