Timnas Indonesia

Zanadin Fariz Cidera, Brandon Scheunemann Susul Timnas U-20 ke Uzbekistan



NOBARTV NEWS – Cidera cukup parah yang diderita Zanadin Fariz memaksa Shin Tae-yong mencari penggantinya. Bek PSIS Semarang Brandon Scheunemann diminta untuk terbang ke Uzbekistan guna menyusul rekan-rekannya di Piala Asia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, Zanadin Fariz sempat dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia U-20 2023. Padahal, kondisi sang pemain saat itu belum sembuh total pasca cidera yang didapatkannya ketika Garuda muda jumpa Guatemala U-20.

Jadi, sebelum tampil di Piala Asia U-20, Hokky Caraka dkk sempat mengikuti Turnamen Mini PSSI. Turnamen tersebut terselenggara berkat kerjasama PSSI dengan Kemenpora RI. Dan dalam turnamen mini itu, PSSI mengundang tiga kontestan 2023 yakni Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Selandia Baru U-20. Skuad Garuda muda berkesempatan melawan tiga tim tersebut sebagai persiapan mereka sebelum berangkat ke Uzbekistan.

Di laga terakhirnya dalam turnamen tersebut, salah satu gelandang Garuda muda yakni Zanadin Fariz mengalami cidera. Ia melakukan kesalahan ketika mendarat setelah melompat. Bahkan kata pengakuan sang pemain, terdengar bunyi sesuatu ketika ia mengalami cidera itu.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Sontak, Shin Tae-yong pun segera mengganti sang pemain. STY tak mau mengambil resiko dengan tetap memainkan pemain asal Persis Solo itu. Hingga pada akhirnya, menjelang hari keberangkatan menuju Uzbekistan, Zanadin tidak ikut berlatih di sesi latihan terakhir Garuda muda di Indonesia. Namun katanya, cidera tersebut tidak separah yang dibayangkan – bahkan ia diperbolehkan untuk masuk ke skuad Garuda muda yang dibawa ke turnamen (Piala Asia U-20) tersebut.

Namun sialnya, belum lama ini, bahkan sebelum Garuda muda memainkan laga perdananya di Piala Asia U-20 kontra Irak, Zanadin disebut mengalami cidera lagi. Kondisi tersebut membuatnya absen di laga tersebut. Alhasil, skuad Garuda muda takluk dengan skor akhir 2-0.

Dan kabar terbaru menyebutkan bahwa Zanadin akan dipulangkan. Ia akan digantikan oleh bek PSIS Semarang yang sebelumnya tak diikutsertakan oleh Shin Tae-yong. Adalah Brandon Scheunemann, bek tengah blasteran Jerman – Indonesia itu diminta untuk terbang ke Uzbekistan guna menggantikan posisi yang ditinggali Zanadin. Sebab Zanadin dipastikan tidak akan bisa memperkuat hingga babak grup Piala Asia U-20 berakhir.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi.

“Kemarin siang (Rabu) kami mendapat kabar Brandon diminta Shin Tae Yong berangkat ke Uzbekistan karena ada pemain yang cedera,” kata Yoyok Kamis 2 Maret kemarin.

“PSIS tentu senang karena ini akan menambah ilmu, pengalaman, dan jam terbang Brandon. Yang terpenting Brandon di Uzbekistan mencari ilmu yang banyak dan nantinya bisa ditularkan ke pemain muda PSIS lainnya. Semangat berjuang Brandon,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments