Timnas Indonesia

Efek Jordi Amat dan Sandy Walsh, Banyak Pemain Keturunan Kini Ngebet Ingin Bela Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Diresmikannya Sandy Walsh dan Jordi Amat sebagai pemain membuat banyak pemain keturunan lainnya berkomentar. Hal itu disampaikan oleh anggota Exco PSSI Hamdan Hamedan. Katanya, banyak pemain keturunan yang ingin membela Timnas Indonesia setelah dua pemain tersebut resmi menjadi WNI.

Hal itu disampaikan oleh Hamdan Hamedan di sesi wawancara bersama awak media kemarin.

Sebagaimana diketahui, nama Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah diproses sejak jauh-jauh hari. Berbulan-bulan lamanya keduanya mengikuti proses naturalisasi sejak awal hingga akhirnya resmi mendapatkan hak kewarganegaraan seperti masyarakat Indonesia pada umumnya.

Setelah mendapatkan lampu hijau (untuk dinaturalisasi) dari Shin Tae-yong, PSSI dan pemerintah RI lalu memanggilnya berulang kali. Ia harus melalui tes fisik, lalu wawancara, kemudian sidang bersama DPR RI Komisi X dan III, hingga menunggu Keppres (Keputusan Presiden) RI. Ujungnya adalah melakukan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI yang dilakukan keduanya beberapa minggu yang lalu.

Namun tak selesai sampai di situ, mereka harus menunggu surat perpindahan federasi yang hanya boleh dikeluarkan oleh FIFA. Dan pada akhirnya, setelah surat tersebut rampung dan diterima oleh PSSI, keduanya pun masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia dan boleh diturunkan di ajang manapun bersama skuad asuhan Shin Tae-yong itu.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Perjalanan serta proses naturalisasi tersebut tidaklah mudah. Begitupun yang saat ini tengah dijalani oleh dua calon pemain Garuda muda Ivar Jenner dan Justin Hubner. Untuk Ivar dan Justin, keduanya diproyeksikan untuk tampil membela Garuda muda di 2023.

Dan ternyata, efek naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi perbincangan para pemain keturunan di luar negeri. Efek yang ditimbulkannya tak sepele. Kata Hamdan Hamedan, ada pemain yang sebelumnya menolak (untuk dinaturalisasi) namun kini berbalik ingin seperti Sandy dan Jordi.

“Kita lihat timnas Indonesia saat ini semakin kuat,” jelas Hamdan Hamedan.

“Jadi ada yang awalnya tidak mau menjadi mau,” ujarnya menambahkan.

“Ketika Jordi dan Sandy dinaturalisasi, banyak pemain yang dulunya ragu kini mengirim sinyal ingin membela timnas Indonesia.”

Namun kata Hamdan, keputusan untuk menaturalisasi pemain semuanya ada pada kehendak Shin Tae-yong. Hanya STY yang boleh memutuskan apakah ia (pemain) layak untuk dinaturalisasi atau tidak. Sebab hanya dia seorang yang mengetahui kebutuhan Timnas Indonesia saat ini.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Pemain yang begitu (mulai tertarik bela timnas Indonesia) punya CV yang luar biasa. Jadi ini bukan pemain yang biasa. Tapi sekali lagi, semua tergantung keputusan Shin Tae-yong,” tutupnya.

Dan untuk diketahui, selain Ivar Jenner dan Justin Hubner tadi, ada dua pemain keturunan yang bahkan telah bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 namun belum dipastikan apakah akan dinaturalisasi atau tidak. Keduanya adalah Zico Soree dan Rafael Struick. Kedua pemain asal Belanda itu sudah mengikuti pemusatan latihan dan uji coba bersama skuad Garuda muda di Spanyol beberapa waktu lalu. Namun belum bisa dipastikan apakah keduanya akan mengikuti langkah Ivar Jenner dan Justin Hubner atau tidak.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment