Timnas Indonesia

Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic Naik Kelas ke Timnas U-19



NOBARTV NEWS – Penampilan memukau Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic tak pelak menjadi perhatian dari para staf kepelatihan . Kabarnya, pemain yang tampil di 2023 bersama Timnas Indonesia itu akan naik kelas ke skuad U-19.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 2023. Even akbar tersebut sudah selesai digelar pada malam hari tadi. Di partai final, Timnas Jerman U-17 berhasil mengalahkan Prancis U-17 lewat babak adu penalti. Sebelumnya, Timnas Jerman U-17 juga berstatus sebagai juara U-17 2023.

Adapun Timnas Indonesia U-17, anak asuh Bima Sakti itu sudah dipastikan gugur sejak berada di fase grup. Tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko, dan Timnas Panama U-17, Welber Jardim dkk hanya mampu finis di peringkat ketiga. Mereka cuma mampu membuat dua poin dari dua hasil imbang. Dua hasil imbang itu dicatatkan atas Timnas Ekuador U-17 (1-1) dan Timnas Panama U-17 (1-1). Adapun di laga kontra Maroko U-17, skuad Garuda tumbang dengan skor akhir 3-1.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Hasil tersebut membuat anak asuh Bima Sakti itu gagal melangkah ke putaran berikutnya yakni di babak knock-out. Oleh karenanya, ketika para kontestan lain melanjutkan kiprahnya di ajang tersebut – bahkan kini ditutup dengan laga final yang digelar pada malam hari tadi, para punggawa Timnas Indonesia U-17 hanya bisa menjadi penonton saja.

Kendati demikian, pengalaman mereka di Piala Dunia U-17 2023 kemarin jelas sangat baik untuk dikenang. Sebab di mana lagi – dengan usia yang masih sangat muda, mereka mendapatkan kesempatan untuk berlaga di even sekelas itu. Selain itu, lewat Piala Dunia U-17 ini, PSSI selaku Federasi Sepakbola tertinggi di Indonesia jadi tahu pemain muda mana yang masuk dalam prospek masa depan skuad Garuda.

Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic Naik Kelas ke Timnas U-19
Bima Sakti sedang memberikan instruksi kepada anak asuhnya di Piala Dunia U-17 2023

Ya, di Piala Dunia U-17 kemarin, punggawa Timnas Indonesia U-17 berasal dari berbagai kalangan. Ada yang memang alumni U-16 tahun lalu, adapula pemain hasil seleksi di tanah air, hingga pemain keturunan yang tinggal di luar negeri. Dari sekian banyak pemain tersebut, ada dua nama – yakni Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic yang menarik perhatian banyak orang.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Keduanya adalah pemain keturunan yang diketahui bermain di luar negeri. Welber membela Sao Paulo FC U-17 sedangkan Amar Rayhan Brkic untuk TSG Hoffenheim U-17.

Kabarnya, setelah Piala Dunia U-17 ini berakhir, keduanya akan tetap menjadi andalan untuk Timnas Indonesia. Bahkan, berdasarkan pengakuan dari sang pelatih Bima Sakti, kedua pemain diaspora itu bakal naik kelas ke Timnas Indonesia U-19. Keduanya dianggap memenuhi kriteria untuk naik kelas meski usia masih cukup muda.

“Ya, kemungkinan besar akan naik (ke Timnas Indonesia U-19) dan mungkin akan nambah,” kata Bima Sakti.

“Kemarin juga sempat bergabung Chow. Mungkin nanti ada beberapa pemain yang bisa gabung (ke Timnas Indonesia U-19). (Chow) kemungkinan besar diproyeksikan untuk Timnas Indonesia U-19 atau U-20,” pungkas sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid