Timnas Indonesia

STY Ngamuk Gol Irak ke Gawang Indonesia Disahkan: Itu 100 Persen Offside, VAR Memalukan!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong tak terima dengan disahkannya salah satu gol Irak ke gawang tadi malam. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu menyebut gol tersebut 100 persen offside dan menyalahkan VAR yang menurutnya memalukan.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, telah digelar laga perdana Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023 grup D. Tergabung bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Jepang, anak asuh Shin Tae-yong itu berkesempatan melawan tim asal timur tengah Irak di Ahmed bin Ali Stadium.

Sayangnya, di pertandingan tersebut, Timnas Indonesia takluk dengan skor akhir 3-1. Sejatinya, ketika Timnas Indonesia tertinggal 1-0 lewat gol Mohanad Ali, mereka sempat menyamakan kedudukan lewat kaki Marselino Ferdinan. Ya, Marselino berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit ke-37.

Sayang beribu saya, di injury time babak pertama, anak asuh Jesus Casas itu kembali membalikkan keadaan lewat gol Osama Rashid. Bahkan, sang lawan kembali membuat gol di babak kedua lewat sepakan keras Ahmad Hussein. Alhasil, skuad Garuda takluk dengan skor akhir 3-1.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Pasca pertandingan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyoroti salah satu gol yang dicetak oleh sang lawan. Gol kedua yang dilesakkan oleh Osama Rashid itu terindikasi off-side. Pasalnya, setelah dicek melalui tayangan ulang, kaki satu pemain Irak sempat terkena bola yang dipantulkan rekannya. Posisi kaki pemain tersebut berada di belakang dua baris pertahanan (termasuk dengan kiper) Timnas Indonesia. Namun dari tayangan tersebut, VAR tetap mengesahkan bola yang beberapa saat kemudian masuk ke gawang Ernando Ari.

STY Ngamuk Gol Irak ke Gawang Indonesia Disahkan: Itu 100 Persen Offside, VAR Memalukan!
Indonesia vs Irak tadi malam

Akibatnya, Shin Tae-yong ngamuk. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu tidak menerima dengan disahkan gol sang lawan. Kendati hasil akhir tidak akan berubah karena Indonesia akan tetap dinyatakan kalah, namun ia tetap memberikan catatan besar terhadap pelaksanaan even tersebut. Kata Shin, gol yang disahkan tersebut 100 persen offside. Kepada AFC, Shin juga menyoroti VAR yang dianggapnya memalukan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Saya menyoroti gol kedua Irak. Itu 100 persen offside. Gol itu mengubah situasi. Ini memalukan VAR tak mampu bekerja baik di Piala Asia,” ujar Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers pasca laga.

Sementara itu, manajer Timnas Indonesia Endri Erawan mengaku pihaknya akan melayangkan protes terhadap AFC. Protes tersebut tak lain karena disahkan gol kedua Irak itu.

“Tentu kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan,” kata Endri Erawan.

“Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Exco PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid