Piala AFF

5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Indonesia 2 – 1 atas Vietnam: Pertahanan Garuda Paling Sulit untuk Ditembus

TOPIK BERITA :


5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Indonesia 2 - 1 atas Vietnam: Pertahanan Garuda Paling Sulit untuk Ditembus
Vs Vietnam di U-16

NOBARTV NEWS – Garuda Asia sukses menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16. Kepastian itu didapatkannya usai mempermalukan Vietnam 2 – 1 di matchday terakhir grup A.

Sejak menit awal, kedua tim sama-sama ngotot untuk saling serang. Tak heran beberapa pelanggaran keras dilakukan oleh kedua tim.

Keasyikan saling serang, gawang Indonesia dibobol lebih awal. The Golden Stars mencetak satu-satunya gol di babak pertama lewat sepakan penalti setelah pemain Vietnam terjatuh di dalam kotak 12 pas.

Namun kemenangan Vietnam akhirnya buyar juga. Lewat serangan cepat di babak kedua, Arkhan Kaka sukses menanduk bola ke gawang lawan. Skor sama kuat 1 – 1.

Tak berselang lama, Indonesia kembali mencetak gol tambahan. Kali ini Nabil Asyura. Pemain yang mencetak hattrick (vs Singapura) di laga sebelumnya itu membuat Garuda Asia membalikkan keadaan 2 – 1.

Lalu, apa saja fakta yang terhimpun dari laga tersebut?

1. Garuda Asia Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak Semifinal

Kepastian ini (lolos) dipastikan setelah mereka mengumpulkan 9 poin sempurna di grup A Piala AFF U-16. Garuda Asia menyapu seluruh laga dengan kemenangan. Dengan demikian, dipastikan bahwa skuad asuhan Bima Sakti jadi tim pertama yang lolos.

2. Timnas Indonesia U-16 Jadi Satu-satunya Tim yang Selalu Meraih kemenangan

Di antara 12 kontestan dan terbagi menjadi tiga grup: A, B, dan C, hanya Indonesia yang menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Pemuncak klasemen sementara grup B Timnas Timor-Leste baru menang 1 kali dan bermain imbang 1 kali juga. Sedangkan pemuncak klasemen grup C yakni Timnas Malaysia juga bernasib sama seperti Timnas Timor-Leste.

3. Hattrick kemenangan atas Timnas Vietnam

Kemenangan semalam merupakan kemenangan ketiga Garuda Asia sepanjang kedua tim ini bertemu. Tiga dari empat pertemuan kedua tim, Indonesia selalu menang atas lawannya tersebut.

Berikut 4 pertemuan kedua tim di semua ajang termasuk di laga semalam:

Indonesia 0-1 Vietnam – Piala AFF U-16 2010

Indonesia 4-2 Vietnam – Piala AFF U-16 2018

Indonesia 2-0 Vietnam – Piala AFF U-16 2019

Indonesia 2-1 Vietnam – Piala AFF U-16 2022

4. Pelatih Vietnam Ngamuk

Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan belum menerima kekalahan atas Indonesia semalam. Baginya, beberapa keputusan wasit membuat timnya dirugikan.

“Keputusan wasit hari ini tidak baik, mereka telah membuat keputusan yang buruk dan kami memiliki banyak kerugian dari keputusan mereka dan terutama kami memiliki gol di babak kedua, namun wasit menganulirnya. Jadi kami banyak dirugikan dalam pertandingan ini,” ujar Nguyen Quoc Tuan.

5. Bima Sakti Bocorkan Resep Kemenangan

Coach Bima membeberkan resep cara memenangkan laga melawan Vietnam. Di jeda sebelum babak kedua dimulai, Bima memberikan instruksi yang membuat anak asuhnya tampil maksimal di separuh babak tersebut.

“Tadi saya sampaikan ke semua pemain ‘inisiatif di menit awal' karena biasanya di menit awal babak pertama atau akhir itu masa-masa krusial dalam sepakbola. Begitu juga di babak kedua,” papar Bima usai laga.

“Sebab itu saya katakan pada mereka tadi ‘tolong manfaatkan peluang, cepat melakukan serangan balik karena Vietnam selalu memakai tiga bek di belakang jadi kalau kita build up lagi bek mereka keburu lima lagi karena full back kanan-kiri itu sudah turun. Karena itu kita harus cepat serangan balik dan crossing ke kotak penalti dan Alhamdulillah bisa mendapatkan dua gol di awal babak kedua,” tutupnya.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid