Timnas Indonesia

Finishing Timnas Indonesia Bermasalah, STY Salahkan Klub



NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong menyalahkan buruknya finishing punggawa skuad Garuda kepada para klub pemain yang bersangkutan.

Seperti yang diketahui, pada tanggal 14 Juni kemarin, skuad Garuda Indonesia menjamu tim asal timur tengah Palestina. Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Di laga ini, skuad Garuda hanya bermain imbang dengan sang tamu 0-0.

Padahal, dari statistik pertandingan, Timnas Indonesia sangat menguasai jalannya pertandingan. Baik dari penguasaan bola – maupun peluang yang diciptakan, anak asuh Shin Tae-yong itu unggul dari lawannya.

Namun mirisnya, dari sekian banyak peluang yang didapatkan, tak satupun gol yang berhasil diciptakan. Peluang-peluang tersebut pun jadi sia-sia belaka. Banyaknya peluang yang tidak dibarengi dengan gol tersebut membuat kita tentunya menyoroti aspek finishing mereka. Sebab dari sana, terlihat jelas kalau aspek ini menjadi pekerjaan rumah yang sangat besar bagi Shin Tae-yong. Terlebih, di waktu dekat ini, skuad Timnas Indonesia tidak hanya akan tampil di ajang FIFA Matchday saja, namun mereka akan turun di dua even penting seperti 2026 dan Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun terkait buruknya finishing anak asuhnya itu, Shin Tae-yong menyalahkan klub para pemainnya.

“Sangat disayangkan dengan performa seperti kemarin seharusnya kita bisa mencetak dua atau tiga gol,” kata Shin Tae-yong di sela-sela pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Lapangan Latihan A Senayan Jakarta.

Lebih lanjut, kata pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu, kegagalan mencetak gol itu disebabkan karena kurangnya fokus dan percaya diri. Terkait siapa yang seharusnya bertanggung jawab, Shin menyebut perbaikan aspek finishing itu ada di level klub, bukan di tim nasional.

“(Indonesia gagal cetak gol) karena kurangnya fokus dan percaya diri dengan peluang emas, tapi itu perbaikannya bukan di timnas, tapi di klub mereka sendiri,” ujarnya menambahkan.

Setelah melawan Timnas Palestina kemarin, pada tanggal 19 Juni mendatang, skuad Timnas Indonesia akan kembali memainkan laga penting lainnya yaitu melawan Timnas Argentina. Laga melawan juara dunia itu akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Adapun terkait persiapannya jelang melawan juara dunia itu, Shin meminta anak asuhnya untuk tidak gelisah ataupun tegang. Sebab pada dasarnya, mereka sedang bermain di rumah sendiri dengan dukungan penuh dari suporter tuan rumah.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Seperti yang kita tahu memang Argentina ini tim terbaik di dunia. Maka persiapan yang terpenting dari pemain sendiri, dari hati pemain. Dan saya minta tolong kepada para pemain, jangan ada yang gelisah, jangan ada yang tegang,” kata Shin Tae-yong memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment