Intermezzo

Jadi Kandidat Kuat Cawapres 2024, Erick Thohir Tegaskan Ingin Fokus di BUMN dan PSSI

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir masuk sebagai salah satu kandidat Calon Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang. Namun demikian, Erick tak mempedulikannya sebab ia mengaku sedang fokus dalam pekerjaan yang diembannya saat ini – yaitu sebagai Menteri BUMN dan Ketum PSSI.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat ini yaitu pada tahun 2024 mendatang, Indonesia akan memasuki musim pemilu. Pada tahun tersebut, Indonesia tidak hanya akan memilih Presiden serta Wakil Presiden saja, namun rakyat Indonesia juga akan memilih para calon anggota legislatif dari DPR RI, DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota, hingga DPD RI.

Dan biasanya, jabatan sebagai Ketua Umum PSSI sering digosipkan sebagai sebuah batu loncatan bagi para politikus untuk maju sebagai kepala daerah atau anggota legislatif. Ketua DPD RI saat ini yaitu Ahmad La Nyalla Mattalitti dulunya pernah menjadi Ketua Umum PSSI. Bahkan ketika Mochamad Iriawan memimpin PSSI, berbagai gosip mengiringi kalau Iriawan disebut-sebut ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat untuk periode berikutnya.

Dan sekarang, hal itu pun kembali mencuat ketika Erick Thohir maju sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2028. Beberapa kalangan menyebut kalau Erick sedang menggalang kekuatan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI pada tahun 2024 mendatang. Sebab untuk sekelas Erick yang diketahui pernah menjabat sebagai Presiden Inter Milan, wewenang dan jabatannya di PSSI jelas tidak lebih besar dari pengalaman yang dimilikinya dulu. Terlebih dengan statusnya sebagai Menteri BUMN aktif, maka jabatan PSSI jelas lebih rendah dibandingkan sebagai seorang menteri. Lantas, apa tujuan Erick mau turun gunung sebagai Ketua Umum PSSI?

Pertanyaan tersebut sempat mencuat beberapa waktu sebelum dilaksanakannya Kongres Luar Biasa PSSI. Namun saat itu, Erick dengan tegas menjawab kalau dirinya memang benar-benar ingin membangun sepak bola Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi.

Hingga pada akhirnya, Erick pun benar-benar terpilih lewat KLB PSSI tersebut. Meski dirinya belum menunjukkan apapun terkait rencana keikutsertaannya dalam ajang Pemilu tahun depan, namun nama Erick beberapa waktu lalu justru masuk ke dalam kandidat kuat Cawapres 2024 pendamping Ganjar Pranowo.

Erick dinilai sebagai salah satu menteri yang sangat loyal kepada Presiden RI Joko Widodo. Selain itu, ia dinilai masih cukup muda dan tak memiliki partai. Namun yang utama adalah ia memiliki pengalaman di dalam dan luar negeri dengan jabatan sebagai Menteri BUMN tersebut.

Ketika mendengar namanya masuk sebagai kandidat kuat Cawapres tersebut, Erick pun angkat suara. Lantas, apa jawaban sang Ketua Umum PSSI itu? Dalam keterangannya, Erick mengaku saat ini dirinya sedang fokus dengan jabatannya sebagai Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI.

“Sekarang fokus dulu sama BUMN dan sepak bola,” kata Erick Thohir pada Sabtu 22 April 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments