Timnas Indonesia

Nova Arianto Utamakan Pemain Timnas Indonesia U-16 dengan Postur Tinggi, Kenapa?



NOBARTV NEWS – Nova Arianto memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya membutuhkan pemain dengan postur tinggi di skuad Garuda Asia.

Seperti yang diketahui, pelatih U-17 Nova Arianto tengah melakukan pemusatan latihan bersama skuad Garuda Asia. Sejak awal Februari lalu – dan berlanjut ke beberapa hari berikutnya, Nova sudah melakukan seleksi untuk pemain Timnas Indonesia U-17.

Seleksi ini sendiri dilakukan guna mempersiapkan skuad yang tepat jelang beberapa even penting yang akan diikutinya. Pertama, di tahun 2024 ini, Timnas Indonesia U-16 akan turut tampil di ajang U-16 2024. Even ini sendiri akan digelar di Indonesia. Kedua, skuad Garuda Asia juga akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Oleh karena itu, sebagai bentuk keseriusan timnya jelang tampil di ajang tersebut, Nova – sedini mungkin sudah mempersiapkan skuadnya. Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan Nova, seperti yang disebutkan tadi adalah dengan melakukan pemusatan latihan. Dan dalam pemusatan latihan ini, Nova menjelaskan sedikit terkait kriteria pemain yang diinginkannya. Salah satunya adalah terkait dengan postur badan. Nova ingin skuad yang dibentuknya memiliki postur badan yang ideal. Nobar memiliki alasan tersendiri terkait kriterianya tersebut.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Nova menyebut tinggi badan adalah syarat utama untuk menjadi bagian dari timnya. Terlebih, jika ingin bermain di level Asia, persyaratan tersebut adalah yang utama. Khusus untuk kiper, pemain belakang, dan juga striker, Nova ingin pemainnya memiliki postur badan setidaknya 175 cm.

Nova Arianto Utamakan Pemain Timnas Indonesia U-16 dengan Postur Tinggi, Kenapa?
Nova Arianto ketika mendampingi Timnas Indonesia U-17 (sumber: IG @novaarianto30)

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm,” kata Nova Arianto dilansir dari laman resmi PSSI.

Lebih lanjut, kata Nova Arianto lagi, ia ingin menyiapkan gen tim nasional di masa mendatang dengan membentuknya sejak usia dini. Sebab tiap tahun, pemain akan mengalami kenaikan postur 1 cm.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

“Saya menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur yang tinggi. Karena alasannya minimal pemain itu akan naik 1cm pertahunnya,” tambah pria yang juga menjabat sebagai asisten Shin Tae-yong itu.

“Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *