Timnas Indonesia

Iwan Bule Beberkan Penyebab Elkan Baggott Absen di SEA Games 2022 Kemarin

TOPIK BERITA :


Iwan Bule Beberkan Penyebab Elkan Baggott Absen di SEA Games 2022 Kemarin
Iwan Bule dan Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Ketiadaan Elkan Baggott sejak dan sampai selesainya event SEA Games 2021 masih menimbulkan tanda tanya. Benarkah sang pemain dilarang tampil oleh klubnya hanya karena event dua tahunan itu tidak masuk dalam kelender resmi FIFA?

Setidaknya, ada tiga pemain kunci 2020 yang tidak tampil di ajang SEA Games 2021. Mereka adalah Pratama Arhan, Ramai Rumakiek, dan Elkan Baggott.

Absennya ketiga nama tersebut sangat berpengaruh pada performa U-23. Pasalnya, ketiga pemain tadi merupakan salah satu kunci suksesnya Timnas Indonesia menembus partai final Piala AFF tahun lalu itu. Meski pada akhirnya Timnas Indonesia U-23 kalah, namun performa anak asuh Shin Tae-Yong itu dianggap sukses dengan materi pemain serba mudanya.

Absennya Arhan di SEA Games 2021 membuat Shin Tae-Yong memilih Firza Andika sebagai penggantinya. Namun, sang pemain justru gagal memenuhi ekspektasi penggemar Timnas Indonesia. Pasalnya, ia gagal menemukan performa terbaiknya – bahkan bermain buruk ketika berhadapan dengan Timnas Thailand U-23 di partai semifinal.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Di lini tengah, Marc Klok menjelma sebagai pengganti Ramai Rumakiek. Namun pemain naturalisasi itu gagal menemukan performa terbaiknya ketika Timnas Indonesia U-23 melakoni laga perdananya kontra tuan rumah Vietnam. Dalam laga tersebut, Marc Klok dkk dipecundangi anak asuh Park Hang-Seo tiga gol tanpa balas. Namun di pertandingan terakhirnya, Marc Klok menjadi penentu Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu.

Karena ketiadaan Elkan Baggott di lini bertahan, Shin Tae-Yong hanya mengandalkan duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho sepanjang turnamen. Keduanya tidak pernah tergantikan di posisi bek tengah. Sedangkan Alfeandra Dewangga digeser mengisi posisi yang biasa ditempati Arhan – karena Firza Andika belum menemukan performa terbaiknya.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 sudah tiba di Jakarta dan disambut oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dalam sambutannya, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu mengungkapkan alasan kenapa Elkan Baggott tidak pernah tampil bersama Timnas Indonesia U-23. Baggott bukannya tidak mendapatkan izin klub, terang Iwan Bule. Hanya saja, sang pemain sedang mengalami sakit / cidera – sama seperti yang dialami oleh Ramai Rumakiek.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Di SEA Games 2021, ada tiga pemain yang tidak bisa hadir. Satu di antaranya adalah Elkan Baggott karena sakit,” jelas Iriawan.

“Ada lagi Arhan yang sedang fokus bersama klubnya di Jepang dan Rumakiek yang cidera,” terangnya lagi.

Iwan Bule mengungkapkan Timnas Indonesia U-23 bisa saja meraih gelar jika ke-tiga pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games kemarin.

“Jika ke-tiga pemain itu bermain, mungkin akan lain ceritanya,” tutup Iwan Bule.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid