Timnas Indonesia

Indra Sjafri Harap Juara SEA Games sebagai Obat Gagal sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20



NOBARTV NEWS – Medali emas SEA Games cabor (cabang olahraga) sepak bola putra sudah kembali ke tanah air. Indra Sjafri berharap gelar tersebut sebagai obat atas gagalnya status tuan rumah bagi Indonesia di 2023.

Sebagaimana diketahui, sejatinya pada tahun ini, skuad Garuda muda bakal tampil sebagai tuan rumah untuk even akbar Piala Dunia U-20 2023. Persiapan untuk tampil di even tersebut juga sudah dilakukan sejauh mungkin. Bertahun-tahun, sejak ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah, U-20 dipersiapkan dengan sedemikian rupa. Mengikuti pemusatan latihan jangka panjang, dari dalam sampai ke luar negeri.

Namun sayangnya, karena sesuatu dan lain hal, Timnas Indonesia dipastikan gagal berlaga karena FIFA mencabut status tuan rumah tersebut. Alhasil, kini skuad yang sudah dipersiapkan resmi dibubarkan.

Pasca gagalnya status tuan rumah tersebut, Timnas Indonesia kelompok umur lainnya disibukkan dengan agenda yang tak kalah penting. Adalah SEA Games 2023, di even tersebut, PSSI selaku Federasi Sepakbola Tertinggi di Indonesia mengutus skuad Timnas Indonesia U-22 untuk berlaga. Dan kabar baiknya, skuad yang dipimpin oleh Indra Sjafri itu berhasil membawa Marselino Ferdinan dkk keluar sebagai juara.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Diawali dengan tergabung di grup A bersama Timnas Kamboja U-22, Timnas Myanmar U-22, Timnas Filipina U-22, dan Timnas Timor Leste U-22, anak asuh Indra Sjafri itu sukses menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan. Ke gawang Timnas Filipina U-22, skuad Garuda mencetak tiga gol tanpa balas. Sementara itu, ke Timnas Myanmar U-22, Marselino Ferdinan dkk memberondong sang lawan dengan jumlah gol yang lebih banyak yaitu lima.

Adapun ke gawang Timnas Timor Leste U-22, skuad Garuda mencetak tiga gol dan di laga pamungkas grup tersebut, skuad Timnas Indonesia U-22 menang tipis 2-1.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal untuk berjumpa dengan Timnas Vietnam U-22. Di laga semifinal, skuad Garuda menang telak 3-2. Dan di laga final Selasa malam (16/05) kemarin, skuad Garuda memenangkan pertandingan dengan dramatis. Melawan Timnas Thailand U-22, skuad Garuda mengunci laga dengan kemenangan telak 5-2. Timnas Indonesia U-22 pun berpesta setelah 32 tahun puasa gelar.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Atas prestasi tersebut, Indra Sjafri berharap juara SEA Games ini bisa menjadi obat atas kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Saya berharap kemenangan ini menjadi pengobat duka ketika kita tidak jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” kata Indra Sjafri.

“Tapi jauh lebih penting dari itu, bagaimana medali emas ini menjadi momentum untuk kebangkitan sepak bola Indonesia ke depan,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid