Timnas Indonesia

Pelatih Irak Remehkan Kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Irak Jesus Casas tidak menganggap sebagai pesaingnya di Piala Asia 2023. Bahkan, sang pelatih terkesan meremehkan skuad asuhan Shin Tae-yong itu.

Sebagaimana diketahui, dalam drawing Piala Asia 2023 Kamis 11 Mei kemarin, Timnas Indonesia dipastikan berada di grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam. Sebelumnya, Timnas Indonesia sendiri berada di pot 4 bersama lima tim lainnya. Indonesia dan lima tim tersebut merupakan tim dengan peringkat terendah dalam daftar 24 kontestan Piala Asia 2023 tersebut. Bahkan, jika dilihat-lihat, Timnas Indonesia menjadi tim dengan peringkat paling rendah yakni 149.

Sementara itu, di grup D, Jepang menjadi tim terbaik dan bertengger di peringkat 20 FIFA. Disusul di bawahnya oleh Timnas Irak di posisi 67 dan di posisi ketiga adalah Timnas Vietnam dengan peringkat 95.

Jika menilik daftar peringkat FIFA tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa Jepang merupakan tim terbaik. Hal tersebut dibuktikan dengan pengalaman yang dimiliki oleh anak asuh Hajime Moriyasu. Secara rutin, Timnas Jepang selalu mendapat satu slot Asia untuk Piala Dunia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Yang lebih mengejutkan lagi adalah pada kemarin, Timnas Jepang lolos hingga babak 16 besar. Prestasi tersebut memang sudah pernah diraihnya. Namun menariknya, mereka lolos dengan mengalahkan Timnas Jerman dan Spanyol di fase grup. Padahal, Jerman dan Spanyol merupakan mantan juara Piala Dunia. Jerman terakhir kali juara Piala Dunia pada tahun 2014 sedangkan Spanyol di edisi 2010.

Selain Jepang, Timnas Irak tentu merupakan tim yang juga wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia. Baru-baru ini, Timnas Irak di bawah kepemimpinan Jesus Casas keluar sebagai juara Piala Teluk Arab 2023 di edisi ke-25. Gelar tersebut merupakan yang keempat kalinya untuk Timnas Irak.

Sementara itu, tim yang tentunya tak boleh diremehkan skuad Garuda adalah Timnas Vietnam. Walaupun sering berhadapan dengan Timnas Indonesia, namun sampai detik ini, Vietnam jelas lebih baik dari skuad Garuda. Pertemuan terakhir skuad Garuda dan Vietnam berakhir dengan kemenangan untuk tim yang dijuluki The Golden Stars Warriors itu.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dalam keterangannya usai dilakukan drawing tersebut, pelatih Timnas Irak Jesus Casas memberikan komentarnya terkait para pesaingnya di grup D. Dalam keterangannya, Jesus terkesan meremehkan kekuatan anak asuh Shin Tae-yong itu. Tim yang dianggap Jesus Casas sebagai pesaing terkuat atau terfavorit adalah Timnas Jepang. Setelah itu, Jesus hanya menganggap dua tim yang akan bersaing menemani Jepang adalah tim-nya dan Timnas Vietnam.

“Piala Asia adalah turnamen besar dan semua tim akan sangat sulit. Jepang adalah favorit di grup kami sementara Vietnam dan kami (Irak), harus berjuang untuk lolos ke babak berikutnya,” kata Jesus Casas.

“Kami akan mulai melawan Indonesia dan sangat penting untuk tidak kalah di pertandingan pertama. Akan sangat sulit memenangkan Piala Asia karena ada enam atau tujuh tim yang sangat kuat, tetapi target jangka panjang kami adalah lolos ke Piala Dunia berikutnya,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid