Timnas Indonesia

STY Pastikan Komposisi Pemain untuk FIFA Matchday dan Kualifikasi Piala Asia U-23 Berbeda



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong memastikan tidak akan ada pemain yang tampil di dua agenda sekaligus untuk FIFA Matchday September dan Kualifikasi 2024 mendatang.

Seperti yang diketahui, skuad untuk dua kelompok umur yakni senior dan U-23 akan kembali menunjukkan aksinya dalam dua agenda berbeda. Untuk Timnas senior, Marc Anthony Klok dkk akan bermain di ajang FIFA Matchday September ini dengan melawan tim asal Asia Turkmenistan. Laga tersebut rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya tanggal 9 September mendatang.

Selepas itu, tak lebih dari satu minggu, giliran Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil dalam agenda penting bertajuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Untuk babak kualifikasi ini, seluruh pertandingan yang mempertemukan Timnas Indonesia U-23 dalam grup K dimainkan di Indonesia. Seluruh pertandingan itu akan disajikan di Stadion Manahan Solo. Skuad Garuda sendiri tergabung dalam grup K bersama Timnas Turkmenistan U-23 dan Timnas Taiwan U-23. Rencananya, babak kualifikasi tersebut akan dilaksanakan pada 6-12 September mendatang.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Mengingat pertandingan ini dimainkan dalam waktu berdekatan, maka Shin memastikan tidak akan menggunakan pemain yang sama. Biasanya, seringkali Shin menggunakan sosok Marselino Ferdinan di dua agenda kelompok umur Timnas Indonesia. Namun untuk kali ini tidak. Pemain yang nanti bermain di FIFA Matchday tidak akan dipakai lagi di Kualifikasi Piala Asia U-23 – begitupun sebaliknya.

“Tidak ada yang bolak-balik ya, jadi siapa yang ke senior ya senior terus, siapa yang ke U-23 ke U-23 terus. Paling yang bolak balik saya,” kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong yang baru saja memimpin U-23 itu berharap lewat turnamen tersebut, muncul bakat-bakat baru yang akan mengisi skuad Garuda di even-even berikutnya.

“Memang melalui turnamen ini, saya bisa melihat ada pemain-pemain baru dan bisa menambah skuad Garuda,” ujarnya menambahkan.

“Jadi saya berharap semoga ada pemain-pemain baru yang bergabung di turnamen berikutnya,” tutup pria asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Adapun terkait pemain yang sudah dipanggil itu, beberapa klub sudah melakukan pengumuman lebih dulu. Meskipun PSSI belum memberikan rilis resmi, namun dari pantauan akun media sosial klub Liga 1, beberapa di antaranya sudah mengunggah poster pengumuman pemain untuk dua agenda itu. Seperti Borneo FC misalnya. Klub berjuluk Pesut Etam itu mengumumkan tujuh pemainnya yang dipanggil ke TC Timnas Indonesia.

Empat dari tujuh pemain tersebut diminta untuk bergabung ke Timnas Indonesia U-23 dan sisanya ke Timnas senior. Empat pemain untuk Timnas U-23 adalah Fajar Fathurrahman, Komang Teguh, Muhammad Taufany, dan Daffa Fasya. Adapun untuk Timnas senior yaitu Nadeo Argawinata, Stefano Lilipaly, dan Adam Alis.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment