Timnas Indonesia

Tak Latih Timnas U-20 Lagi, Erick Thohir Cari Pengganti STY

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong resmi diberhentikan sebagai pelatih U-20. Kini, PSSI dalam hal ini Erick Thohir tengah mencari penggantinya.

Sebagaimana diketahui, sejak kedatangannya ke Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu, STY memang sengaja ditunjuk sebagai pelatih untuk Timnas Indonesia U-20. Terpilihnya eks pelatih Timnas Korea Selatan itu guna membimbing skuad Garuda muda di 2023.

Dalam rekan jejak kepelatihannya, STY pernah membesut tim muda Korea Selatan di Piala Dunia U-20. Selain itu, bersama tim seniornya, pria kelahiran Yeongdeok itu juga pernah menukangi Taeguk Warriors (julukan Timnas Korea Selatan) di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dengan rekam jejak yang lumayan mentereng itu, PSSI pun mendatangkannya untuk membantu Timnas Indonesia U-20 agar bisa berbicara banyak di even Piala Dunia U-20. Namun sayangnya, kurang dari dua bulan sejak even tersebut direncanakan akan digelar, FIFA selaku pimpinan federasi sepak bola dunia mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah. Alhasil, satu-satunya peluang untuk tampil di even tersebut lewat jalur tuan rumah pun akhirnya terputus. Skuad Garuda muda yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dipastikan batal tampil.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Usai mengetahui hal tersebut, STY sudah membubarkan para pemain yang telah dilatihnya selama kurun waktu dua tahunan itu. Mereka dikembalikan kepada klubnya masing-masing. Sebab dengan tidak adanya Piala Dunia U-20, maka mereka tidak memiliki kompetisi apapun untuk diikuti sepanjang tahun 2023 ini.

Sementara itu, pada Jumat 28 April kemarin, PSSI telah melakukan konferensi pers terbarunya. Dalam sesi konferensi pers tersebut, hadir sang Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Banyak hal yang dibahas oleh pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu. Salah satunya adalah nasib Shin Tae-yong bersama skuad Garuda muda (Timnas U-20).

Kata Erick, setelah ia melakukan pertemuan dengan Shin Tae-yong beberapa waktu lalu, sang pelatih sepakat untuk tidak menukangi Timnas Indonesia U-20 lagi. Namun untuk Timnas senior dan U-23, Shin akan tetap membersamai mereka.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Saya sudah bicara dengan Shin Tae-yong, dia akan fokus di senior dan U-23. Sebab, kontraknya masih ada,” kata Erick Jumat 28 April kemarin.

Lebih lanjut, kata Erick lagi, ia akan mencarikan pelatih baru untuk Timnas Indonesia U-20. Dicabutnya status STY sebagai pelatih Timnas U-20 tak lepas dari kesibukannya bersama Timnas senior dan U-23 di waktu dekat ini. Untuk dua kelompok umur tersebut, Shin akan membersamai mereka di Piala Asia 2023 (Timnas senior) dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2024 (Timnas U-23).

“Pelatih Timnas Indonesia U-20 kami carikan pelatih lain. Itu supaya fokus. Jangan diborong (semuanya Shin Tae-yong),” tutup Erick Thohir.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment