Timnas Indonesia

Waketum PSSI soal Kontrak Baru STY: Terserah Erick Thohir!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali ikut angkat suara soal nasib perpanjangan kontrak Shin Tae-yong dengan .

Seperti yang diketahui, Shin pada tahun lalu telah menekan kontrak baru dengan PSSI. Sejatinya, kontrak sang pelatih akan berakhir pada Desember 2023. Akan tetapi, dengan berbagai pertimbangan – yang salah duanya adalah akan tampilnya skuad Garuda di dua even penting, maka kontrak tersebut akhirnya diperbaharui. Akan tetapi, pembaharuan kontrak tersebut hanya selama beberapa bulan saja. Tertulis, kontrak baru Shin bersama Timnas Indonesia adalah hingga Juni 2024.

Dalam perjanjian kontrak tersebut, Shin dituntut untuk bisa meloloskan skuad Garuda ke babak knock-out dalam dua even berbeda. Pertama adalah Piala Asia 2023 dan kedua 2024. Sejauh ini, satu dari dua target tersebut sudah diselesaikan oleh Shin Tae-yong. Kemarin, Timnas Indonesia lolos ke babak knock out (16 besar) Piala Asia 2023 meski mereka pada akhirnya gugur pada fase tersebut.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Kini, tinggal satu even lagi yang akan dilalui oleh pria asal Korea Selatan itu. Jika skuad Garuda muda yang dipegangnya mampu lolos hingga babak 8 besar Piala Asia U-23 2024, maka besar kemungkinannya ia akan mendapatkan perpanjangan kontrak baru.

Akan tetapi, sayangnya – beberapa waktu lalu, Shin kepada media Korea Selatan menyebut dirinya mendapat tawaran untuk melatih timnas lain di tengah-tengah kontrak yang masih berjalan dengan Timnas Indonesia. Meski demikian, Shin dalam keterangan berikutnya menyebut ia akan fokus dengan Timnas Indonesia. Ucapan tersebut bisa diartikan Shin belum memiliki niat untuk meninggalkan Timnas Indonesia sampai kontraknya berakhir bulan Juni mendatang.

Dan kini, menjelang kontrak serta keikusertaan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 tiba, beberapa elemen suporter Timnas Indonesia ingin PSSI sesegera mungkin memperbaharui kontrak sang pelatih. Mereka tidak ingin kontrak tersebut diperbaharui dengan target ‘mesti' lolos ke fase knock-out tersebut. Sebab menurutnya, Shin sejauh ini sudah cukup membuktikan kalau dirinya sukses membesut Timnas Indonesia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Walaupun demikian, Ketua Umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu mengaku tetap profesional. Dirinya dalam keterangan tersebut menyebut kontrak itu pasti diperbaharui namun dengan catatan Timnas Indonesia U-23 mencapai target yang ditujukan pada ajang Piala Asia U-23 tersebut. Sebab kata Erick, hal ini adalah sebagai bentuk sebuah keprofesionalan dirinya sebagai pemegang jabatan tertinggi di PSSI.

Waketum PSSI soal Kontrak Baru STY: Terserah Erick Thohir!
Zainudin Amali ketika memberikan keterangan pada awak media (sumber: instagram @pssi)

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali juga tidak bisa berkomentar banyak. Ia menyebut pembaharuan kontrak Shin Tae-yong hanya ada pada keputusan Erick Thohir semata.

“Hasil rapat Exco PSSI pada beberapa hari lalu keputusannya kami sepakat menyerahkan semuanya ke Ketua PSSI,” terang Zainudin Amali.

“Dia mempunyai pengalaman apakah kontrak Shin Tae-yong diperpanjang atau tidak, kami serahkan ke Ketua PSSI,” tambah mantan Menpora RI itu.

“Kalau toh, harus mencari pengganti, ya kami serahkan ke Ketua PSIS. Di tingkat Exco sudah selesai,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid