Timnas Indonesia

Bima Sakti: Semua Pemain Punya Kesempatan Sama Masuk Timnas U-17



NOBARTV NEWS – Setelah diumumkan pada 10 Juli, para pemain yang mendapatkan panggilan untuk mengikuti TC sudah memulai sesi latihannya pada Kamis 13 Juli kemarin. Dalam kesempatan itu, sang pelatih Bima Sakti menekankan bahwa seluruh pemain memiliki kesempatan yang sama untuk membela .

Sebagaimana diketahui, sejak Senin 10 Juli, PSSI sudah mengumumkan daftar 34 pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan jelang even 2023. Dalam daftar 34 pemain itu, 6 di antaranya merupakan pemain diaspora. Pemain diaspora adalah mereka yang berada di luar negeri. Entah itu karena mereka memang tinggal di sana atau lahir dan besar di luar negeri.

Akan tetapi, tak semua pemain yang mendapatkan panggilan itu sudah bergabung. 6 pemain diaspora tidak bisa langsung bergabung karena mereka masih berada di luar negri. Oleh sebab itu, di hari pertama begitu mereka mendapatkan panggilan, para pemain yang sudah bergabung hanya mengikuti tes saja.

Pada Senin 10 Juli tersebut, Kepala Tim Kedokteran PSSI Syarif Alwi mengecek kondisi fisik dan kesehatan para pemain yang sudah lebih dulu bergabung. Satu hari sesudahnya – atau pada 11 Juli, para pemain kembali melakukan tes lainnya. Kali ini, mereka mengikuti tes psikotes. Tes psikotes tersebut dipimpin oleh dua psikolog yang beberapa waktu lalu menemani Timnas Indonesia U-22 berlaga di even SEA Games 2023.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

Adapun pada hari Rabu 12 Juli, giliran Bima Sakti yang tak bisa berada di Jakarta untuk memimpin pemusatan latihan. Sebab di hari tersebut, Bima harus terbang ke Bandung guna melakukan seleksi pemain Timnas U-17. Di kesempatan itu ia ditemani oleh Indra Sjafri. Keduanya dibantu oleh klub lokal Persib Bandung dan Asprov Jabar dalam proses penyeleksian itu.

Hingga pada akhirnya, Bima untuk pertama kalinya memimpin pemusatan latihan pada Kamis kemarin (13/07). Pemusatan latihan hari pertama itu dilakukan di Lapangan ABC Senayan Jakarta. Kata Bima, kondisi seluruh pemainnya cukup baik. Bahkan, ia sudah memiliki gambaran terkait menu latihan yang akan diberikannya pada akhir pekan ini. Rencananya, di akhir pekan nanti, Bima akan menggelar internal game untuk para pemainnya.

“Setelah menjalani tes kesehatan, psikotes, dan penguatan, hari ini kami latihan perdana di lapangan,” ujar Bima Sakti dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

“Kondisi semua pemain cukup baik dan akhir pekan nanti kami adakan internal game,” ujarnya menambahkan.

“Setiap pekan kami rencana ada promosi dan degradasi untuk pemain,” ujar Bima Sakti lagi.

Bima juga memastikan kalau dirinya akan melakukan seleksi dengan sebaik mungkin. Hanya pemain yang memenuhi kriteria lah yang akan masuk ke skuad Timnas U-17. Oleh sebab itu, semua pemain memiliki peluang yang sama untuk bisa bergabung dengan skuad Garuda Asia – asalkan ia bisa memenuhi kriteria yang diinginkan sang pelatih.

“Apalagi nanti ada masuk pemain dari seleksi yang dibikin di 12 kota. Yang pasti pemain yang memenuhi kriteria kami dan sesuai dengan kebutuhan tim yang akan dipilih.”

“Tidak ada keistimewaan untuk setiap pemain, semua mempunyai peluang yang sama untuk masuk di tim U-17 Indonesia,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment