Intermezzo

Erick Thohir Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antar Klub



NOBARTV NEWS – Setelah sukses menjadi tuan rumah pada ajang 2023, Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin Indonesia menjadi tuan rumah untuk even bergengsi lainnya. Even yang dimaksud adalah seperti yang baru saja digelar di Jeddah, Arab Saudi.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, U-17 tampil di ajang bergengsi bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Di even tersebut – seperti yang disebutkan tadi, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karena itu, dengan bertindaknya sebagai tuan rumah, maka Indonesia berhak untuk tampil sebagai salah satu peserta.

Dalam even ini, skuad Garuda muda yang diasuh oleh Bima Sakti terhenti di fase grup. Mereka finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup A setelah bermain imbang sebanyak dua kali serta menelan kelalahan sebanyak satu kali.

Kendati demikian, walaupun Timnas Indonesia U-17 tidak bisa melanjutkan kiprahnya di ajang tersebut, namun even ini bisa dikatakan sukses digelar. Ya, even yang digelar sejak 10 Nopember hingga 2 Desember ini menjadi salah satu even yang mendatangkan banyak sekali rasa kepuasan. Para kontestan hingga penonton yang datang dari berbagai negara merasakan kepuasan dengan digelarnya even tersebut di Indonesia.

Untuk juaranya, Timnas Jerman U-17 sendiri keluar sebagai pemenangnya setelah menumbangkan Timnas Prancis U-17 di partai final. Gelar bagi skuad Jerman tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia U-17.

Erick Thohir Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Antar Klub
Erick Thohir bersama legenda Timnas Brasil Ricardo Kaka ketika nonton final Piala Dunia antar Klub di Arab Saudi

Usai Piala Dunia U-17 ini rampung digelar, ternyata, Erick Thohir masih memendam harapan terkait even-even besar lainnya. Baru-baru ini, telah digelar even Piala Dunia antar klub yang mempertemukan berbagai juara dari konfederasinya masing-masing. Eropa diwakili oleh juara Eropa Manchester City. Asia diwakili oleh juara Liga Champions Asia Urawa Red Diamonds hingga Afrika dengan Al Ahly sebagai perwakilannya.

Dalam ajang Piala Dunia antar klub yang digelar di Arab Saudi itu, Erick berkesempatan untuk menyaksikan laga final yang mempertemukan Manchester City dengan Fluminense FC. Di laga final ini, anak asuh Pep Guardiola sukses mengalahkan wakil Brasil tersebut dengan skor telak 4-0. Usai laga tersebut digelar, Erick mengungkapkan rasa bahagianya setelah menjadi bagian dari orang yang menonton pertandingan itu secara langsung.

“Sebuah kesempatan berharga bisa hadir memenuhi undangan dari FIFA untuk menyaksikan langsung final FIFA Club World Cup 2023 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah,” tulis Erick Thohir di akun media sosialnya.

“Pertandingan dua juara dari zona Eropa dan Amerika Latin antara Manchester City melawan Fluminense,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Di akhir caption-nya, Erick mengungkapkan keinginannya agar di masa mendatang, Indonesia bisa bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang serupa. Dengan dijadikannya sebagai tuan rumah, maka secara otomatis Indonesia bisa mengirimkan satu perwakilannya di even tersebut.

“Setuju gak kalau FIFA Club World Cup nanti digelar di Indonesia?,” tanya Erick kepada para pengikutnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid