Timnas Indonesia

Gagal Bela Indonesia di Piala AFF 2022, Sandy Walsh Curhat pada Indra Sjafri



NOBARTV NEWS – Keinginan Sandy Walsh untuk mengenakan jersey dan disaksikan oleh puluhan ribu suporter kandas di tengah jalan. Ketika diumumkannya skuad final Timnas Indonesia untuk 2022, Sandy Walsh resmi dicoret. Pencoretan itu membuat dirinya curhat ke Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Sebetulnya bukan Sandy Walsh saja, empat pemain lainnya juga menerima hal yang sama. Keempat pemain tersebut adalah Muhammad Ferrari, Dzaky Asraf, Andy Setyo, dan Elkan Baggott. Hanya saja, dari kelima nama yang dicoret itu, hanya Sandy Walsh seorang yang tak pernah membela Timnas Indonesia sebelumnya.

Pemain kelahiran Belanda yang berkarir di Liga Pro Belgia bersama KV Mechelen ini baru saja diresmikan menjadi WNI. Tidak lebih dari satu bulan lalu, ia dan Jordi Amat resmi dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Dan di Piala AFF 2022 ini menjadi kesempatan pertama baginya untuk bermain dengan negara leluhurnya itu.

Proses naturalisasi yang dijalani Sandy Walsh tidaklah mudah. Lebih dari lima tahun lamanya ia menunjukkan ketertarikannya untuk membela Timnas Indonesia, namun di era kepemimpinan Iwan Bule ia baru diperhatikan. Berkat Ketua Umum PSSI itu, Sandy Walsh mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia namun dengan persetujuan dari Shin Tae-yong terlebih dahulu.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Berbulan-bulan lamanya, bolak-balik Belanda – Indonesia untuk mengikuti prosesi naturalisasi, ia pun akhirnya diresmikan dan memiliki hak serta kewajiban selayaknya WNI pada umumnya.

Sandy Walsh sendiri sempat mengikuti pemusatan latihan di Bali beberapa waktu lalu. Hanya saja, di tengah TC tersebut, KV Mechelen memintanya untuk kembali ke Belgia. Sandy pun sempat dirumorkan akan kembali ke Indonesia unjuk bermain di matchday kedua (Grup A Piala AFF 2022) kontra Brunei Darussalam. Hanya saja, Mechelen bersikeras untuk menahannya dengan alasan klub memiliki jadwal yang padat. Atas dasar itulah, Sandy dicoret dari daftar 23 nama pemain yang dibawa STY.

Mengetahui dirinya dicoret, Sandy mengaku legowo. Hal itu dilihat dari pesan curhatan via WhatsApp yang dikirimkannya kepada Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Dalam tangkapan layar itu, Sandy mengatakan dirinya akan selalu mendukung perjuangan Timnas Indonesia di turnamen manapun yang diikutinya.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

“Saya akan selalu berdoa dan mendukung Indonesia di turnamen apapun atau pertandingannya,” tulis pesan whatsapp Sandy Walsh kepada Indra Sjafri.

Indra Sjafri lalu memberikan pesan semangat kepadanya. Bahwa masih ada ajang FIFA Matchday dan Piala Asia 2023 yang juga bisa diikutinya.

“Tetap semangat. Fokus FIFA Matchday dan Piala Asia,” balas Indra.

Adapun Jordi Amat, bek tengah yang juga dinaturalisasi itu dipastikan masuk ke dalam 23 skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Hal itu dikarenakan sang pemain berkarir di yang di mana – negara tempat ia bermain juga ikut di turnamen tersebut. Sehingga untuk perizinan dan lain sebagainya, Timnas Indonesia dan PSSI tidak memiliki kendala berarti seperti kasus Sandy Walsh ini.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

43 Comments