Timnas Indonesia

Meski Tak Terdaftar, Iwan Bule Sebut Ivar Jenner dkk Bakal Gabung di Tengah-tengah TC Garuda Muda



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong telah memilih 30 pemain jelang bergulirnya Piala Asia U-20 2023. Dalam 30 nama tersebut, tak ada nama tiga pemain keturunan yang diproyeksikan tampil di 2023. Meski demikian, Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyebut ketiganya akan turut serta di tengah-tengah pemusatan latihan.

Sebagaimana diketahui, PSSI telah mengumumkan 30 skuad sementara Garuda muda dalam laman resminya. 30 nama tersebut akan mengikuti pemusatan latihan pada 1 hingga akhir Pebruari 2023. Mereka akan melakukan pemusatan latihan selama satu bulan untuk mempersiapkan diri menjelang tampil di Piala Asia U-20 tersebut.

Piala Asia U-20 sendiri akan dilangsungkan tepat pada 1 Maret 2023. akan berhadapan dengan tiga tim lainnya dalam fase grup. Dijadwalkan, Marselino Ferdinan dkk akan bertemu tim tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Diketahui, tiga pesaing Indonesia tersebut sama-sama sudah memulai pemusatan latihan. Timnas Uzbekistan melakukan pemusatan latihan di Arab Saudi, Irak di Turki, dan Suriah di Uni Emirat Arab. Sementara itu, Timnas Indonesia direncanakan akan melakukan TC di tanah air. Meski demikian, skuad Garuda muda akan tetap melakukan beberapa laga uji coba. Hal itu disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Selama pemusatan latihan, PSSI telah menyiapkan sejumlah laga uji coba untuk Timnas Indonesia U-20,” papar Indra Sjafri.

“Apalagi kita ketahui lawan-lawan di Grup A Piala Asia U-20 merupakan negara-negara yang berkualitas,” tambah mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Namun kini yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana dengan nasib Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick? Karena sebagaimana diketahui, ketiga pemain keturunan itu sedang menjalani proses naturalisasi untuk menjadi WNI agar bisa membela Timnas Indonesia U-20. Apakah mereka harus menunggu proses naturalisasi tersebut selesai baru bisa bergabung dengan rekan-rekannya yang lain?

Melalui media sosialnya, Iriawan pun menjawab. Pria yang biasa disapa Iwan Bule ini menegaskan bahwa TC Timnas Indonesia di bulan Pebruari ini sejatinya tidak hanya ditujukan sebagai persiapan jelang Piala Asia U-20 saja. TC kali ini juga sebagai ikhtiar Garuda muda sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2023. Maka dengan demikian, tiga calon pemain Garuda muda tadi hampir dipastikan akan ikut dalam TC. Akan tetapi, mereka akan bergabung di tengah-tengah pemusatan latihan tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Ini merupakan bagian dari ikhtiar kita agar bisa berbicara banyak, apalagi sebagai tuan rumah yang dipercaya oleh FIFA,” kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

“Tentu saya dan masyarakat pencinta sepakbola Tanah Air ingin agar Garuda Nusantara bisa menunjukkan kebolehannya di mata dunia,” ujarnya menambahkan.

Bahkan, kata Iriawan, jika Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick dinyatakan resmi menjadi WNI jauh lebih cepat dari target, maka ketiganya bisa saja membela Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 nanti.

“Walau dalam 30 nama sementara belum ada tiga calon pemain naturalisasi, tapi Insya Alloh ketiganya akan segera menyusul. Untuk itu, mari kita doakan dan terus kawal agar proses semuanya on the track, bila memungkinkan sebelum Piala Dunia U-20, di ajang Piala Asia U-20 baik @justinhubner5, @ivarjnr, dan @rafaelstruick sudah bisa bergabung.”

“Pemusatan latihan akan dimulai pada 1 Februari 2023 mendatang. Segera persiapkan diri kalian anak-anaku. Doa kami di nadimu!” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments